Washington,LiputanIslam.com-Sebuah majalah Amerika mengabarkan, Menteri Pertahanan Amerika memberi peringatan keras kepada Amir Qatar soal dukungannya terhadap Ikhwanul Muslimin. Peringatan ini disampaikan dalam kunjungan Amir Qatar ke Amerika.

Menurut laporan Forbes, James Mattis yang juga mantan komandan marinir Amerika dalam perang Timteng, memberikan peringatan ini karena dia tahu potensi bahaya besar dari Ikhwanul Muslimin.

Menurut Mattis, jika Amerika tidak segera bereaksi terhadap dukungan Qatar untuk Ikhwanul Muslimin dan sekutu-sekutunya masih memberi bantuan dana kepada mereka, maka Amerika tak akan mampu mengalahkan para teroris.

Forbes menyatakan, para pengamat sedang menantikan sikap tegas Washington terhadap Qatar terkait masalah ini.

Dukungan Qatar terhadap kelompok ini telah memicu perselisihan dengan Saudi, Bahrain, dan Emirat pada tahun 2014. Perselisihan ini menyebabkan negara-negara tersebut memanggil pulang para dubesnya dari Qatar.

Kendati ada upaya perdamaian dari kedua belah pihak, namun para tetangga Qatar masih jengkel terhadap Doha. Mereka meyakini Qatar masih tetap memberi bantuan finansial kepada kelompok yang dianggap mengacaukan stabilitas di negara-negara ini.

Dukungan Qatar terhadap Ikhwanul Muslimin sudah menjadi rahasia umum dan menjadi topik perdebatan. Para pejabat Saudi dan Mesir percaya, Qatar sudah lama mendukung kelompok ini di seluruh Timur Tengah. Ikhwanul Muslimin termasuk kelompok yang berupaya menggulingkan pemerintahan Mesir dan Saudi, dua sekutu penting Amerika di Timur Tengah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL