Sanaa,LiputanIslam.com-Seorang komandan AL Amerika menyatakan, kemampuan militer kelompok Ansharullah Houthi telah meningkat.

Vice Admiral Kevin Donegan dalam wawancara dengan Reuters mengatakan, saat ini kelompok Houthi mempunyai senjata-senjata yang tidak mereka miliki sebelum agresi koalis Saudi.

“Senjata-senjata ini tidak ada di tangan mereka sebelum perang. Ansharullah tidak memiliki perahu bermuatan bom dalam daftar senjata mereka,”kata Donegan.

Menurut Donegan, daya jangkau rudal-rudal balistik yang ditembakkan Ansharullah ke wilayah Saudi melebihi rudal-rudal Yaman sebelum agresi.

Januari lalu, Ansharullah menggunakan sebuah perahu bermuatan bom untuk menyerang kapal perang Saudi di perairan Bandar Hudaydah. Serangan ini menewaskan dua prajurit Saudi dan melukai tiga lainnya.

Para pejuang Yaman juga pernah berupaya menyerang kapal-kapal perang Amerika di Laut Merah pada Oktober tahun lalu.

Kelompok Ansharullah Houthi membalas agresi Saudi ke Yaman dengan menembakkan misil-misil jarak jauh ke basis-basis militer agresor.

Agresi koalisi Saudi ke Yaman telah berlangsung lebih dari dua tahun. Agresi ini menelan 12 ribu korban jiwa dan 40 ribu korban luka. Jutaan warga Yaman juga terlunta-lunta akibat agresi ini. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL