Teheran,LiputanIslam.com-Sejak awal krisis Suriah, Mayjen Qassem Soleimani telah terlibat langsung dalam pertempuran melawan ISIS, baik di Suriah atau Irak. Namun kehadirannya dalam memimpin operasi pembebasan Bukamal, Suriah, terlihat lebih menonjol dibanding sebelumnya.

Hossein Morteza, jurnalis lapangan dan direksi kantor kanal al-Alam di Suriah, memberikan penjelasan keberadaan panglima IRGC ini di Bukamal.

Menurut Morteza, Soleimani terlibat lebih banyak dalam operasi pembebasan Bukamal karena operasi itu menjadi sebuah ‘tantangan’ tersendiri. Begitu pentingnya operasi militer di kawasan ini, sampai-sampai media Suriah menyebutnya sebagai Umm al-Maarik (induk segala perang).

Amerika, kata Morteza, berniat menempatkan pasukan Kurdi binaannya, SDF, ke Bukamal sesegera mungkin untuk menguasainya. Andai ini terjadi, baik tentara Suriah atau Hizbullah tidak bisa melakukan operasi untuk mengambil alih kota tersebut.

“Berdasarkan kesepakatan internasional, tentara Suriah, Rusia, kelompok muqawamah, dan IRGC bisa memerangi ISIS karena mereka adalah teroris. Namun, terkait dengan kelompok lain seperti SDF, persoalan tidak sesederhana itu. Sebab menurut perspektif Amerika, SDF juga tengah memerangi ISIS,”tutur Morteza.

Oleh karena itu, operasi pembebasan Bukamal pada hakikatnya merupakan perlombaan untuk menguasai kota tersebut. Selain itu, dari sisi strategi, jika  SDF, atau kelompok lain yang didukung Amerika, berhasil menguasai Bukamal, maka praktis akan menghalangi tersambungnya perbatasan Suriah dan Irak.

“Ini berarti bahwa pasukan Suriah dari satu sisi, dan pasukan Irak serta al-Hashd al-Shaabi dari sisi lain, tidak bisa menguasai perbatasan gabungannya secara utuh. Inilah faktor pentingnya operasi Bukamal. Sebab, seperti yang disampaikan Sayyid Hasan Nasrullah, Bukamal adalah perlintasan utama antara Suriah dan Irak. Untunglah poros muqawamah berhasil menang di ‘Umm al-Maarik’ ini serta mampu menguasai perlintasan utama dan strategis ini,”pungkas Morteza. (af/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL