Gaza,LiputanIslam.com-Wartawan stasiun al-Jazeera menyatakan, kunjungan Antonio Guterres ke Jalur Gaza sangat singkat dan mendadak. Menurutnya, kunjungan sekjen PBB ini lebih mirip kunjungan formalitas daripada sebuah kunjungan sesungguhnya.

“Para pejabat dan warga Palestina di Gaza sangat berharap pada kunjungan ini. Namun, kunjungan ini mengecewakan banyak dari warga Palestina, sebab kunjungan ini hanya berlangsung dua jam saja,”kata al-Jazeera.

Guterres dilaporkan hanya menyampaikan pernyataan pers di sebuah sekolah Beit Lahiya di utara Gaza. Menurut al-Jazeera, pernyataan Guterres mengandung beberapa kata-kata indah, tapi tentu saja warga Palestina mengharapkan lebih dari itu.

“Mereka berharap sekjen PBB memasuki salah satu penampungan pengungsi Palestina, sebab PBB bertanggung jawab langsung terkait penampungan-penampungan tersebut,”papar al-Jazeera.

Stasiun televisi Qatar ini melanjutkan, walau hanya sebentar, tapi kunjungan Guterres memiliki sejumlah pesan. Kehadiran sekjen PBB di Gaza menunjukkan bahwa kawasan ini masih merupakan masalah penting.

“Guterres mengutarakan harapannya bahwa ia akan kembali ke Gaza saat krisis telah berakhir dan bangsa Palestina bersatu,”tandas al-Jazeera.

Sejumlah kelompok di Palestina, termasuk Hamas, diberitakan mendukung kunjungan ini. Hamas menganggap positif kunjungan Guterres dan berharap agar PBB mengerahkan usaha lebih demi mengatasi masalah Gaza. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL