Baghdad,LiputanIslam.com-Juru bicara al-Hashd al-Shaabi, Ahmad al-Asadi, mengatakan,”Pergerakan kami hanya dilakukan di dalam wilayah Irak guna membebaskan daerah yang diduduki ISIS. Tidak benar bahwa al-Hashd al-Shaabi telah memasuki wilayah Suriah.”

Al-Sumaria News melaporkan, al-Asadi menegaskan bahwa kelompoknya bergerak menuju daerah al-Qaem dan al-Walid setelah sampai di selatan perbatasan Irak-Suriah. Dia menyatakan bahwa al-Hashd al-Shaabi akan melanjutkan upaya pembebasan daerah-daerah perbatasan dan desa-desa yang terletak di gurun al-Biaaj.

“Tiap keikutsertaan atau masuknya pasukan Irak-baik al-Hashd al-Shaabi atau selainnya-ke wilayah Suriah, harus dilakukan dengan koordinasi antara pemerintah kedua negara,”kata al-Asadi.

Sebelum ini, sejumlah media Arab dan situs berita Suriah merilis berita soal masuknya al-Hasdh al-Shaabi ke wilayah Suriah. Kelompok relawan ini dirumorkan memasuki daerah al-Haskah setelah pasukan ISIS mundur dari daerah tersebut.

Kemarin pasukan Demokratik Suriah yang beranggotakan etnis Kurdi telah menanggapi rumor tersebut. Mereka menyatakan akan menghadapi segala bentuk infiltrasi al-Hashd al-Shaabi ke daerah-daerah yang dikuasai mereka, termasuk al-Haskah. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL