Damaskus,LiputanIslam.com-Menurut laporan yang dikutip dari situs Middle East Panorama, Bashar al-Assad mengatakan,”Negara-negara Barat berusaha mencemarkan nama baik Vladimir Putin (presiden Rusia) dan Alexander Lukashenko (presiden Belarusia), sebab mereka berdua enggan tunduk kepada Barat.”

Dalam wawancara dengan stasiun TV ONT Belarusia ini, al-Assad menyatakan, Barat juga berupaya mengaburkan peran Uni Soviet dalam kemenangan menghadapi Nazi.

“Generasi masa kini jangan sampai mendukung Nazisme kontemporer. Banyak pihak di Barat yang berniat menyembunyikan peran rakyat Soviet, termasuk rakyat Belarusia, dalam mengalahkan Nazi di Perang Dunia II,”ujar al-Assad dalam wawancara yang diadakan dalam rangka peringatan ke-72 kemenangan atas Nazi ini.

Presiden Suriah menyinggung kerugian besar yang diderita rakyat Soviet saat melawan Nazi. Dia juga menyampaikan selamat atas peringatan kemenangan ini kepada rakyat dan pemerintah Belarusia.

“Para prajurit di masa lalu adalah teladan perlawanan bagi generasi masa kini dan masa depan,”tambah al-Assad.

“Siapa yang menyangka bahwa mundurnya pasukan Soviet di tahap-tahap awal, akan berubah menjadi kemenangan? Andai bukan karena kemenangan Soviet, operasi Normandia tak akan pernah ada. Karena generasi masa lalu tidak menyerah di hadapan Hitler, generasi sekarang juga tidak boleh tunduk terhadap Neo Nazisme, yaitu imprealisme Barat,”pungkasnya. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL