Damaskus,LiputanIslam.com-Bashar al-Assad menyatakan, negaranya telah melewati situasi perang terburuk selama enam tahun. Hal ini disampaikannya saat diwawancarai stasiun televisi India, WION, di Damaskus, Sabtu (3/5).

Menurut laporan AFP, dalam wawancara ini al-Assad mengatakan,”Situasi Suriah kini sedang menuju ke arah yang benar, sebab kami tengah dalam proses mengalahkan para teroris. Kondisi Suriah telah pulih secara signifikan, karena kelompok teroris seperti ISIS, Jabhat al-Nusra, dan sejenisnya mulai mundur.”

Hal ini dinyatakan al-Assad menyusul sejumlah kemajuan yang diraih pasukan Suriah. Dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Suriah dan para pejuang sekutunya berhasil mengambil alih beberapa daerah dari tangan pemberontak. Salah satunya adalah Aleppo yang sukses direbut pada bulan Desember lalu.

“Saya yakin, kondisi terburuk telah kami lewati. Kecuali jika negara-negara Barat dan para anteknya memberikan sokongan lebih besar kepada para ekstremis ini. Negara-negara seperti Saudi, Qatar, Turki, Amerika, Prancis, dan Inggris mendukung terorisme guna meraih tujuan mereka,”kata al-Assad.

Dalam wawancara ini, sekali lagi al-Assad membantah tudingan bahwa pihaknya melakukan serangan kimia di Khan Syeikhun pada April lalu. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL