Baghdad,LiputanIslam.com-Kantor perdana menteri Irak mengumumkan, Haider al-Abadi menemui delegasi dari Senat AS di kantornya pada Selasa (3/7).

Dalam pertemuan tersebut, perdana menteri Irak menyinggung masalah pengurangan jumlah konsultan militer AS di negaranya.

Mereka yang hadir dalam pertemuan itu adalah Lindsey Graham (senator Partai Republik dari Carolina Selatan), Elizabeth Warren (senator Partai Demokrat dari Massachusetts), Douglas Silliman (dubes AS untuk Irak), Jenderal Paul E. Funk (komandan pasukan koalisi internasional di Irak dan Suriah) dan sejumlah konsultan militer AS.

Dalam pertemuan itu, kedua pihak membahas  tentang hubungan Baghdad-Washington, dukungan terhadap dalam berbagai bidang, situasi kawasan, dan pengurangan jumlah konsultan AS di Negeri Seribu Satu Malam.

Delegasi AS mengapresiasi kemampuan pasukan Irak, kemenangan atas kelompok teroris ISIS, pembebasan wilayah negara ini, dan perlindungan terhadap para warga. Para tamu dari Paman Sam juga menegaskan kelanjutan dukungan untuk Irak dalam sektor pendidikan dan persenjataan.

Demi kembali mendapat akses ke Irak, AS pada tahun 2014 membentuk sebuah koalisi internasional dengan dalih memerangi ISIS. Namun al-Abadi pada 9 Desember 2017 secara resmi mengumumkan bahwa ISIS telah diusir dari Irak dan perang selama tiga tahun telah berakhir untuk kemenangan tentara negara ini. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*