Washington,LiputanIslam.com-Para aktivis sebuah LSM di AS menyatakan, mereka siap menanggung risiko untuk melindungi kedubes Venezuela di Washington. Tujuannya adalah agar para pendukung oposisi Venezuela tidak menduduki kedubes tersebut.

“Tujuan utama kami adalah mencegah kedubes diduduki oleh penentang pemerintahan (Nicolas) Maduro; sesuatu yang berusaha dikesankan Trump sebagai tindakan legal demi melancarkan kudeta di Venezuela. Kami akan berusaha melawan dan menghadapi segala konsekuensi bahayanya,”kata Kevin Zeese kepada Sputnik, Selasa (23/4).

“Ada kemungkinan bahwa Kamis nanti para penentang Maduro berusaha merebut kedubes dengan dukungan dari polisi AS. Namun ada orang-orang di dalam dan luar kedubes yang akan menjaganya,”lanjut Zeese.

Dia mengatakan, PBB masih mengakui pemerintahan Maduro sebagai pemerintahan yang sah. Sebab itu, kata Zeese, AS harus menahan diri dari tiap tindakan yang mengusik kredibilitas Venezuela.

Zeese menegaskan, kelompoknya tetap akan menjaga kedubes Venezuela, hingga tercapai kesepakatan antara Caracas dan Washington.

Kelompok Zeese sudah berada di kedubes Venezuela sejak dua pekan terakhir. Mereka dikabarkan menjalin kontak dengan kemenlu Venezuela, sehingga diizinkan untuk berada di kedubes.

Baru-baru ini, Guaido (pemimpin oposisi Venezuela) meminta rakyat negara itu untuk mengadakan demonstrasi terbesar sepanjang sejarah Venezuela, dengan tujuan menggulingkan pemerintahan sah Maduro. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*