Doha,LiputanIslam.com—Qatar berencana untuk menaikkan produksi gas alamnya hingga 30 persen dalam beberapa tahun ke depan. Tindakan ini ditempuh akibat tekanan yang diberikan oleh beberapa negara tetangga atas Qatar.

Kepala Petroleum Qatar, Saad Sherida al-Kaabi, menyampaikan dalam konferensi pers pada Selasa (4/7) bahwa negaranya akan meningkatkan produksi gas alam hingga 100 juta ton pertahun pada 2024 mendatang.

“Proyek terbaru ini akan semakin menguatkan posisi Qatar,” ucap Kaabi kepada para wartawan. “Kami akan memimpin produksi gas alam (LNG) dalam waktu yang lama,” tambahnya.

Qatar merupakan negara penghasil gas alam terbesar di dunia. Baru-baru ini produksi gas alam Qatar mencapai 77 juta ton pertahun.

Kaabi menyatakan bahwa proyek ini pun akan menaikkan tingkat produksi gas alam Qatar menjadi enam juta barel minyak perhari.

Kebijakan ini muncul setelah Qatar diembargo oleh Arab Saudi dan beberapa negara aliansinya bulan lalu.

Senin kemarin, Qatar telah memberikan jawabannya atas 13 tuntutan yang dilayangkan oleh Saudi dan aliansinya kepada Qatar.

Kaabi mengatakan bahwa Qatar akan meningkatkan produksi gas alamnya serta membangun jalinan kerjasama dengan perusahaan-perusahaan internasional. Upaya ini akan tetap dilanjutkan sekalipun Saudi dan aliansi mengancam akan memberikan sangsi terhadap perusahaan-perusahaan internasional yang mau bekerjasama dengan Qatar, jika Qatar tidak mampu memenuhi 13 tuntutan yang diajukan oleh beberapa negara tetangganya tersebut.

“Jika tidak ada perusahaan yang bersedia bekerjasama dengan kami, kami tetap akan melakukan proyek 100 juta ton,” tandasnya. (fd/Presstv)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL