(Foto: Reuters/PressTV)

Dahuk,LiputanIslam.com-Menurut laporan Reuters, Aiman, seorang bocah Yazidi berumur 6 tahun, akhirnya kembali ke pangkuan keluarganya. Sebelum ini, ISIS menjual Aiman seharga 500 dolar kepada sebuah keluarga muslim di al-Rashidiya, timur Mosul. Dia kembali ke tengah keluarganya di Dahuk, sebuah kota pemukiman etnis Kurdi, setelah terpisah selama 18 bulan.

Reuters melaporkan, keluarga muslim yang membeli Aiman tidak dikaruniai keturunan. Ketika mendengar ISIS menjual anak-anak yatim di Tal Afar, Mosul Barat, mereka pergi ke sana dan membeli Aiman. Nama Aiman diganti dengan “Ahmad” dan ia pun dibawa ke Mosul Timur.

Konon, ISIS menawan atau telah membunuh kedua orangtua kandung Aiman lantaran agama yang dianut mereka. Aiman yang saat itu berusia 4 tahun lalu diperjualbelikan oleh ISIS.

Aiman kemudian tinggal bersama keluarga barunya yang beragama Islam, sementara keluarga aslinya menduga ia telah terbunuh.

Aiman diajari Bahasa Arab oleh keluarga yang mengadopsinya. Dia diperkenalkan orangtua tirinya kepada para tetangga sebagai salah satu kerabat mereka.

Aiman bahkan sempat disekolahkan oleh keluarga muslim ini. Ibu tirinya berkata, “Aiman adalah anak cerdas. Saya mengajarinya cara berwudu dan salat. Dia juga hapal sebagian surah Alquran.”

Setelah pasukan Irak memasuki wilayah al-Rashidiya, mereka mendengar keberadaan seorang bocah dari etnis Yazidi di sana. Beberapa serdadu Irak lalu ditugaskan untuk mendatangkan bocah tersebut.

Foto Aiman lalu diunggah di salah satu medsos dengan judul “Seorang bocah Yazidi bernama Aiman Amin Barakat telah ditemukan.”

Salah satu kerabat Aiman melihat fotonya dan baru menyadari bahwa ia masih hidup. Malam itu juga, Aiman dikembalikan ke keluarga aslinya.

Di satu sisi, Aiman merasa gembira karena telah kembali ke pangkuan kerabat aslinya. Namun di sisi lain, ia terlanjur menjalin keakraban dengan keluarga muslim tersebut, sebab ia telah hidup bersama mereka selama satu setengah tahun. Oleh karena itu, perpisahan ini terasa berat baginya.

Ketika Aiman ditanya wartawan, apakah ia bahagia tinggal bersama orangtua tirinya, dia mengiyakan. Dia juga mengulang jawaban serupa saat diminta mengungkapkan perasaannya kembali ke tengah keluarga aslinya. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL