ab7c1125-e01d-4a41-a34d-ba1b3d120f28Washington,LiputanIslam.com-Dalam kampanye pilpres lalu, Donald Trump memberikan sejumlah janji kepada warga Amerika. Kini, setelah dipastikan ia akan menjadi penghuni baru Gedung Putih, patut ditunggu apakah ia berani mewujudkan janji-janjinya.

Berikut sejumlah janji-janji Trump saat kampanye:

Membangun Tembok di Perbatasan Amerika-Meksiko

Trump berulangkali berkoar akan membangun tembok besar di perbatasan Amerika-Meksiko guna mencegah masuknya para imigran gelap. Dalam salah satu pidato kampanyenya, ia berkata,”Kita akan membangun tembok di sepanjang perbatasan selatan. Meksiko yang akan menanggung biayanya 100 persen. Mereka belum tahu soal ini, tapi mereka yang akan membayar biayanya.”

Jika pemerintah Meksiko tak bersedia menanggung biaya pembangunan tembok ini, Trump mengancam akan menghalangi warga Meksiko yang bekerja di Amerika untuk mengirimkan uang kepada keluarga-keluarga mereka.

Memenjarakan Hillary

Dalam debat kedua pilpres, Trump mengancam rivalnya dengan hukuman penjara atas tuduhan menggunakan server pribadi email saat menjabat sebagai menteri luar negeri Amerika.

“Jika saya terpilih sebagai presiden, saya akan minta pengacara saya untuk memilih seorang inspektur khusus guna menyelidiki Anda. Sampai kini, belum pernah ada kebohongan seperti ini,”ujarnya.

Melarang Muslimin Menginjak Tanah Amerika

Pasca serangan mematikan di San Bernardino, California, pada Desember tahun lalu, Trump menuntut agar muslimin dilarang sepenuhnya memasuki Amerika.

Dalam sebuah statemen, dia menyatakan bahwa muslimin harus dicegah menginjakkan kaki di Amerika “sampai para anggota Senat memahami kondisi yang ada.”

Hasil dari sebuah polling yang dilakukan awal tahun ini menunjukkan, kebanyakan pendukung Partai Republik sepakat dengan larangan yang disuarakan Trump ini.

Menghapus Asuransi Kesehatan ObamaCare

Partai Republik selalu menentang proyek asuransi kesehatan ObamaCare dan menuntut untuk menghentikannya. Proyek ini telah ditandatangani Obama sejak 2010. Dengan terpilihnya Trump, sepertinya harapan rival Partai Demokrat ini akan terwujud.

Trump menyebut proyek ini sebagai ‘bencana.’ Dia berjanji akan menggantikannya dengan “program kesehatan terbaik yang pernah ada.”

Menghapus Kesepakatan Perdagangan Bebas

Trump berniat menghapus sejumlah perjanjian perdagangan bebas Amerika Utara antara AS, Kanada, dan Meksiko.

Dia berjanji akan berunding dengan Kanada dan Meksiko terkait hal ini serta merubah persyaratan-persyaratannya. Dia mengklaim, aturan-aturan perdagangan bebas ini menghilangkan peluang pekerjaan di Amerika.(af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL