Johannesburg,LiputanIslam.com-Afsel beserta sejumlah negara Benua Hitam lain telah memulai upaya diplomatik guna mencegah normalisasi hubungan Israel dengan negara-negara Afrika.

Berdasarkan laporan kanal 7 Israel yang dikutip kantor berita Anatoli, seorang diplomat Afsel menyatakan, negaranya tidak akan menghadiri pertemuan para kepala negara Afrika di Togo. Menurut sumber yang enggan disebut namanya ini, Afsel akan absen dari pertemuan yang bertujuan menjalin hubungan dengan Israel tersebut.

“Israel telah memblokade Jalur Gaza secara keji dan menyebabkan penderitaan bagi rakyat Palestina. Afsel menyeru negara-negara Afrika lain untuk berdialog soal pemutusan hubungan dengan Rezim Zionis,”kata sumber tersebut.

Diplomat Afsel ini menegaskan, Israel berupaya menarik dukungan dari negara-negara Afrika guna mengabaikan masalah Palestina. Dia mengklaim, Afsel tidak sendirian dalam upayanya mencegah Benua Hitam berhubungan dengan Israel. “Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Mauritania akan membantu Afsel dalam hal ini,”ungkapnya.

Sebelum ini, harian Jerusalem Post memberitakan, pertemuan para kepala negara Afrika dengan Israel akan berlangsung Oktober nanti. Pertemuan yang diadakan di Togo ini akan diikuti 54 negara Afrika dan berlangsung selama 4 hari. (af/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL