Damaskus,LiputanIslam.com—Beragamnya informasi seputar status Abu Bakr al-Baghdadi, pemimpin utama kelompok teroris ISIS, sudah mati atau masih hidup, benar-benar tersebar di berbagai media. Ada yang mengatakan bahwa pemimpin kelompok teroris ini telah mati, namun hingga kini mayatnya tak kunjung ditemukan.

Sebuah media kelompok militer yang dioperasikan oleh Hizbullah mengatakan bahwa minggu ini Abu Bakr al-Baghdadi telah ditemukan di Kota Abu Kamal, salah satu kota di Suriah yang baru-baru ini dibebaskan dari cengkraman kelompok teroris ISIS.

Militer Suriah pun telah mengumumkan kemenangan mereka atas ISIS pada Kamis (9/11). Mereka mengatakan bahwa ini adalah kota terakhir kelompok jihadis yang telah dibebaskan. Kemenangan ini sekaligus menjadi tanda atas runtuhnya kekuasaan ISIS yang telah berlangsung selama tiga tahun di wilayah itu. Pada Jum’at, Observatorium orang-orang Suriah untuk HAM mengatakan bahwa negara telah berhasil mengontrol separuh Kota Abu Kamal.

Koalisi militer pimpinan Amerika mengatakan bahwa hingga kini belum ada informasi yang jelas seputar posisi pimpinan ISIS tersebut. Spekulasi seputar posisi dan status Abu Bakr al-Baghdadi, masih hidup atau sudah mati, telah menjadi teka-teki selama beberapa bulan terakhir.

Meski begitu, militer Rusia telah mengklaim bahwa mereka telah berhasil membunuh pimpinan ISIS tersebut pada Mei lalu, saat melakukan serangan atas ISIS di Raqqa. (fd/aol)

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL