Baghdad,LiputanIslam.com-Perdana menteri Irak menyebut rumor soal serangan pasukan Irak ke Kurdistan sebagai hal yang aneh. Haider Abadi menegaskan, sama sekali tidak ada kemungkinan serangan terhadap warga Irak sendiri.

Dalam pertemuan dengan sejumlah tokoh provinsi al-Anbar, Abadi mengatakan,”Tujuan utama pasukan keamanan di setiap titik Irak adalah melindungi nyawa semua warga. Mustahil kami menggunakan tentara Irak untuk menyakiti warga.”

Abadi menyesalkan berita dari sejumlah media Kurdistan yang mengabarkan mobilisasi pasukan untuk menyerang kawasan itu. “Saya tegaskan bahwa tidak akan ada serangan terhadap warga Irak, baik mereka dari etnis Kurdi atau selainnya,”kata Abadi.

Perdana menteri Irak menyebut referendum Kurdistan sebagai sebuah kekeliruan. Menurutnya, Baghdad telah memperingatkan hal tersebut sebelum referendum berlangsung.

Abadi menyatakan, dahulu kelompok teroris menggunakan perselisihan antarkelompok untuk melakukan kejahatan mereka. “Kini setelah kita menang, jangan sampai kita kembali bertikai satu sama lain. Kita semua harus bekerjasama, karena ini adalah topik nasional,”tandasnya. (af/yjc)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL