Barcelona,LiputanIslam.com-Seorang juru bicara pemerintah lokal Catalonia menyatakan, sekitar 90 persen peserta referendum menyetujui kemerdekaan wilayah ini dari Spanyol.

Harian Inggris The Guardian melaporkan, Jordi Turull pada Senin (2/10) mengumumkan, dari 2,26 juta orang yang ikut dalam referendum, 90 persen memberikan suara “ya” untuk kemerdekaan Catalonia. Menurut juru bicara pemerintah lokal Catalonia ini, mereka yang memenuhi syarat untuk ikut referendum berjumlah 5,3 juta orang.

Turull mengatakan, sekitar delapan persen peserta memberikan suara “tidak,” sedangkan sisa suara lainnya abstain atau tidak sah.

“Saat ini kami sedang menghitung sekitar 15 ribu suara yang tersisa,”ujar Turull.

Para pejabat Catalonia mengumumkan, tingkat keikutsertaan dalam referendum ini mencapai angka 42 persen. Menurut Turull, sekitar 770 ribu suara tidak bisa diakses karena munculnya kerusuhan saat penghitungan suara.

Kepala pemerintahan lokal Catalonia, Carles Puigdemont, menyambut baik hasil sementara referendum ini. Sebelum ini, dia menyatakan bahwa warga Catalonia telah mendapat hak untuk mendirikan pemerintahan independen berupa negara republik.

Perdana menteri Spanyol, Mariano Rajoy, dalam sebuah siaran televisi mengatakan,”Hari ini tidak ada referendum untuk kemerdekaan Catalonia. Apa yang terjadi adalah upaya untuk mengacaukan keamanan dan ketertiban negara.” (af/isna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL