Salah satu potret ISIS di Afghanistan

Islamabad,LiputanIslam.com—Para pejabat senior intelijen dari Iran, Rusia, Cina, dan Pakistan telah mencapai kesepakatan kerjasama untuk melawan kelompok teroris ISIS di Afghanistan. Seperti yang dilansir oleh harian The Nation, menyebutkan bahwa kesepakatan itu telah disetujui usai pertemuan antar masing-masing negara dilakukan pada Jum’at kemarin (13/7) di Ibu Kota Afghanistan, Islamabad.

Tak hanya di Afghanistan, kesepakatan ini juga setuju untuk memberantas kelompok-kelompok teroris lainnya di negara-negara Asia Tengah. Dalam pertemuan ini, mereka juga berdiskusi untuk menghentikan kedatangan kelompok ISIS yang dikirim dari Irak dan Suriah ke Afghanistan.

Perwakilan intelijen Rusia menyebutkan bahwa saat ini telah ada sekitar 10.000 anggota kelompok teroris yang bergerak aktif di Afghanistan. Salah satu kelompok teror yang dikenal dengan sebutan ISIS-Khurasan dinyatakan terlibat dalam aksi bom bunuh diri yang terjadi di Pakistan beberapa waktu lalu. Kelompok itu pun telah mengklaim bertanggung jawab atas ledakan yang telah menewaskan 128 orang itu.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, ISIS telah melancarkan kampanye berdarahnya ke Irak dan Suriah sejak 2014 silam. Namun, saat ini, kelompok ISIS di dua negara itu telah berhasil dikalahkan dan mulai pergi meninggalkan Irak dan Suriah menuju negara lain, khususnya Afghanistan. Kabar terbaru menyebutkan bahwa ISIS telah mulai melancarkan gerakannya di Asia Tengah. (fd/Presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*