Foto: Daily Sabah

Istanbul,LiputanIslam.com-Polisi Turki berhasil menangkap tersangka penyerangan ke klub malam Reina, Istanbul. Dia ditangkap bersama empat orang lainnya.

Walikota Istanbul mengumumkan, si pelaku berkebangsaaan Kirgizstan. Dia lahir di Uzbekistan tahun 1983 dan menjalani pendidikan militer di Afganistan.

Dia mengkonfirmasi bahwa nama pelaku adalah Abdulqadir Masharipov. Selain sidik jarinya cocok dengan sidik jari di TKP, pelaku juga mengakui perbuatannya.

Menurut walikota Istanbul, pelaku lamenguasai empat bahasa. Sesuai bukti yang ada, dia masuk secara ilegal melalui perbatasan timur Turki. Juga dilaporkan bahwa dia adalah anggota ISIS.

Kantor berita resmi Turki, Anatolia, mengutip laporan dari pihak keamanan bahwa pelaku ditangkap Senin malam (16/1).

Sebelum ini diumumkan bahwa penyerang klub malam Reina berkebangsaan Uzbekistan. Media-media Turki melaporkan, ia ditangkap bersama seorang pria Kirgizstan dan tiga wanita. Mereka ditangkap di komplek Esenyurt, Istanbul.

Klub malam Reina diserang pelaku bersenjata pada awal tahun baru 2017. Sebanyak 39 orang tewas dalam serangan brutal ini. ISIS sendiri telah mengaku bertanggung jawab atas serangan ini.

Media Turki melaporkan, 11 korban adalah warga Turki. Salah satu dari mereka memiliki dwikewarganegaraan Turki dan Belgia.

Seorang korban adalah warga Israel dan tujuh lainnya berasal dari Arab Saudi. Korban-korban lain adalah warga negara Lebanon, Irak, Tunisia, India, Maroko, Yordania, Kuwait, Kanada, Suriah, dan Rusia. (af/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL