The screenshot taken from an ISIL video reportedly shows Iraqi hostages executed by the terrorists on May 9, 2015. (Press TV)

The screenshot taken from an ISIL video reportedly shows Iraqi hostages executed by the terrorists on May 9, 2015. (Press TV)

Baghdad, LiputanIslam.com – Kelompok teroris transnasional Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) kembali merilis video baru yang menunjukkan proses eksekusi terhadap 10 orang pria yang menggunakan jumpsuit warna biru, atas tuduhan melakukan spionase di Irak.

Video yang dirilis pada Sabtu, 9 Mei 2015 menunjukkan korban dengan mata tertutup, digiring menuju suatu daerah yang terletak di utara Baghdad. Sementara anggota ISIS, seperti biasanya tampil dengan wajah tertutup topeng dan hanya memperlihatkan matanya. Para tawanan kemudian dipaksa untuk berlutut dan ditembak mati oleh teroris.

Menurut klaim ISIS, salah satu komandan Iraq’s Popular Mobilization Forces yaitu Musa Abd Fayyaz Hassan Mohammadi dan seorang kepala dewan dari kota al-Sada yaitu Abd al-Majid Zaki Sulaiman al-Hayali, adalah salah satu dari korban yang dieksekusi.

ISIS telah mencatatkan berbagai kejahatan kemanusiaan, salah satunya adalah dengan mengeksekusi para tawanan dengan cara yang bengis. Para sandera, biasanya dieksekusi dengan menggunakan jumpsuit warna oranye. Video eksekusi ini kemudian diunggah di media sosial.

Seperti laporan Press TV, 11 Mei 2015, pada bulan Februari lalu, ISIS merilis video pemenggalan terhadap 21 oang Kristen Koptik asal Mesir yang tengah berada di Libya. ISIS juga mengeksekusi seorang pilot Yordania yang berhasil mereka tangkap ketika pesawatnya jatuh. Pilot ini kemudian dieksekusi dengan cara dibakar dalam sangkar.

Komandan ISIS Tewas

Sementara itu, komandan senior ISIS dilaporkan tewas di al-Hawija, Provinsi Kirkuk, Irak. Abu Yaman al-Zarqawi, 55, adalah salah satu pemimpin ISIS asal Yordania yang paling menonjol. Ia telah melatih anggota ISIS di Suriah, lalu pada bulan Juni 2014 ia menuju Irak.

Dari laporan seorang pejabat di al-Hawija, Abdul Karim Al-Muhanna, yang dikutip dari Khabaarnet, komandan ISIS ini tewas akibat sebuah ledakan yang terjadi pada sebuah rumah.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan lebih lanjut. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL