Washington,LiputanIslam.com-Dilansir dari Newsweek, lebih dari 10 juta orang di AS telah menandatangani sejumlah petisi. Petisi-petisi itu menuntut agar Kongres AS memulai proses pelengseran Donald Trump dari jabatan presiden.

Para wakil Demokrat di kongres dan sejumlah organisasi pada hari Kamis (9/5) memajang beberapa petisi yang ditandatangani oleh lebih dari 10 juta orang tersebut.

Rashida Tlaib dan Al Green beserta beberapa orang lain berdiri di samping plakat bertuliskan “Trump Must Go.” Kedua wakil Demokrat itu menunjukkan sebuah flash disk yang memuat tanda tangan warga AS yang menghendaki Trump mundur.

“Kami berada di sini lantaran 10 juta tanda tangan yang ada di tangan kami,”kata Green. Tlaib, yang beberapa bulan lalu juga menuntut pelengseran Trump, mengatakan,”Dalam periode yang amat kelam ini, saya berpendapat bahwa kita harus bangkit untuk berjuang.”

Pada bulan Maret lalu, Tlaib mengajukan draf ke Dewan Perwakilan AS dan meminta dewan untuk menyelidiki kemungkinan pelanggaran yang dilakukan Trump.

Meski demikian, para petinggi Demokrat bersikap lebih lunak ketimbang sejumlah personel yang menuntut Trump lengser. Mereka berpendapat, proses pelengseran Trump bisa memecah belah rakyat AS yang berjumlah 325 juta, apalagi di saat negara itu sedang mendekati pilpres 2020. (af/yjc)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*