sepeda listrikYogyakarta, LiputanIslam.com — Kontribusi mahasiswa untuk masyarakat tercermin dalam program yang dilaksanakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswa ini, mengembangkan sepeda inovasi baru yang diperuntukkan bagi pedagang. Sepeda yang mereka buat menggunakan energi listrik ramah lingkungan.

Sepeda yang dikembangkan oleh Pusat Pemberdayaan IPTEK (PUSDATEK) Fakultas Teknik (FT) UNY yang bekerja sama dengan Kemenristek RI ini diberi nama Sepeda Listrik Niaga atau Motor Angkut Elektrik Serbaguna. Sepeda ini dilengkapi dengan bak berukuran 100 x 90 cm dan tinggi 30 cm.

Bagus Tri Sugiarto, salah satu mahasiswa yang turut terlibat mengatakan, “Selain mengusung konsep sepeda niaga, tim ini juga menitikberatkan pada kemampuan membawa muatan berat  di tempat yang sempit,” katanya, seperti dikutip dari Kabar Kampus, 10 Maret 2015.

Menurut Bagus, kapasitas muat sepeda listrik ini mencapai 500kg dengan kecepatan maksimal 60km/jam. Baterai bertenaga 48 volt 32 Ah yang mampu bertahan sampai 60 km. Dengan besaran kapasitas tersebut, mereka optimis sepeda itu mampu memberi kontribusi terhadap pedagang dalam segi transportasi.

“Saat ini pengisian baterai masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan charger laptop selama selama 3-4 jam namun kami berencana mengembangkan sistem recharging supaya lebih efisien sehingga bisa dilakukan pengisian sembari sepeda digunakan,” imbuh Bagus.

Bagus menambahkan, sepeda angkut ini pernah dikenalkan pada beberapa pedagang di pasar dan mendapat sambutan yang baik. Bahkan para pedagang mendesak agar segera dikembangkan dan diproduksi masal. Satu unit sepeda listrik ini ditaksir berharga sekitar 25-30 juta.

“Namun, kalau produksi massal, saya rasa harganya akan lebih murah,” jelas Bagus.

Ke depan, kata Bagus  mereka  ingin mengembangkan sepeda listrik dengan daya tahan baterai yang lebih tinggi. Suspensi pada bagian depan juga akan diperkuat serta bak belakang yang naik turunnya masih manual akan dibuat otomatis. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*