Sumber: twitter.com/PKN STAN

Jakarta, LiputanIslam.com– Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP), Yudi Latif menyampaikan bahwa pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila dikalangan anak bangsa harus diimplementasikan dengan baik. Mulai dari tingkat keyakinan, pengetahuan, hingga tindakan.

“Ketiga lapis ini harus diperkenalkan kepada anak-anak sesuai dengan kematangan usia mereka,” ujar Yudi pada diskusi “Refleksi Kesaktian Pancasila: Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Konteks Kekinian”, di Ruang Auditorium LIPI, Jakarta, seperti dilansir mediaindonesia.com, pada Jumat (6/10).

Yudi menjelaskan, tingkat keyakinan merupakan tahap membuat anak-anak meyakini bahwa Pancasila mengandung nilai-nilai yang baik, seperti menjaga kerukunan, kedamaian, dan menjunjung keadilan. “Keyakinan bisa diajarkan melalui medium kesenian, baik film, musik, meme, kisah, maupun drama,” ucapnya.

Untuk tingkat pengetahuan, lanjutnya, nilai-nilai Pancasila diajarkan melalui pendidikan. Sementara untuk tingkat tindakan, bisa memberikan contoh prilaku yang baik, seperti mengantre dan gotong royong. “Di tahap (tindakan) ini tidak perlu teoritik, yaitu bisa dengan mengajarkan untuk berbuat baik, misalnya bagaimana mengantre, sebagai cerminan sifat Pancasila yang gotong royong dan menghormati orang lain,” ungkapnya.

Ia mengaku, pihaknya sekarang ini juga sedang merumuskan cara mengukur seberapa jauh nilai-nilai Pancasila dijalankan. “Pancasila statusnya sangat penting, fundamental karena menjadi pembukaan dan malah bukan sekadar pembukaan, melainkan selalu dalam setiap penjelasan disebut sebagai menjiwai UUD, tapi tidak pernah diperhatikan dalam UU, kebijakan negara, dan tidak pernah jadi referensi,” terang Yudi.

“Ke depan sebelum para wakil rakyat menduduki jabatan, perlu semacam penyegaran wawasan Pancasila supaya ada pemahaman akan Pancasila yang melandasi cara berpikir mereka dalam merumuskan kebijakan,” tambahnya. (Ar/Media Indonesia).

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL