Yoris Sebastian/kukuhwiryawan.com

Yoris Sebastian/kukuhwiryawan.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Nama Yoris Sebastian sudah tak aneh lagi bagi kalangan industri kreatif apalagi dikalangan anak muda kreatif. Yoris Sebastian yang pernah diwawancarai oleh Andy F Noya dalam talkshow Kick Andy di Metro TV, merupakan pemenang International Young Creative Entrepreneur of the year 2006 dari British Council di London.

Dalam buku terbarunya “Biang Inovasi”, Yoris membagikan tips agar menjadi inovatif. Yoris mengatakan bahwa inovasi merupakan proses kreatif yang menghasilkan perubahan sehingga memberi nilai tambah atau value dari sebuah produk.

Agar menjadi inovatif Yoris mengungkapkan untuk memulainya dari yang kecil-kecil dulu. Orang kreatif harus siap gagal. Untuk itulah harus melalui yang kecil terlebih dahulu dan pelan-pelan, ujarnya saat ditemui wartawan disela-sela peluncuran bukunya dan website Biang Inovasi di Jakarta, Rabu, 9 Desember 2014 seperti dilansir dari antaranews.com.

Yoris menambahkan untuk memulai misalnya dengan melihat produk-produk yang ada di sekeliling terdekat. Banyak produk unik yang sebetulnya merupakan barang biasa, namun jika diberi sentuhan inovasi akan menjadi luar biasa.

Yoris mengatakan bahwa pengetahuan adalah penting agat menjadi inovatif.

“Membaca tidak harus komik, novel, buku-buku desain, atau filsafat karena kita tidak tahu dari mana datangnya inspirasi. Mungkin dari koran bekas, siaran TV, atau bungkus gorengan,” katanya. “Setelah itu, lakukan riset.”

“Industri kreatif itu seperti jackpot, walaupun secuil harus terus didukung oleh pemerintah,” tutupnya (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL