Pemilik Restoran Indonesia di Berlin/JAWAPOS

Pemilik Restoran Indonesia di Berlin/JAWAPOS

Berlin, LiputanIslam.com – Restoran Mabuhay di Berlin, Jerman ini termasuk ramai dikunjungi pengunjung. Restoran tersebut ternyata menyediakan makanan khas dari Indonesia. Misalnya saja di papan terlihat jelas ada menu Sop Iga, Mie Kocok, Pecel Ikan. Menu tersebut memang jarang ditemui di luar negeri, namun jika kebetulan berada di Berlin, Jerman, makanan Indonesia tersebut bisa ditemukan di restoran Mabuhay.

Bumbu asli Indonesia sangat sulit didapatkan di luar negeri. Untuk itu banyak yang menyetok persediaan bumbu dapur khas Indonesia untuk setahun bahkan ada yang langsung mendatangkannya dari Amsterdam, Belanda. Hal ini dilakukan untuk menjaga cita rasa masakan khas Indonesia, seperti dilansir dari JAWAPOS.

Berbagai menu khas Indonesia ditawarkan dengan harga bervariasi mulai dari 5 euro hingga 8 euro. Pemiliknya ternyata Michael Goering yang memiliki istri asli asal Indonesia bernama Lusiana Goering. Ia sengaja membawa kuliner khas Indonesia ke Jerman secara total. Tak ayal kokinya pun, Agus Deryana asli Bandung diboyong langsung ke Jerman demi menghasilkan cita rasa masakan asli Indonesia.

Agus yang menjadi koki di Mabuhay sejak delapan tahun silam lantas mengisahkan cara mempertahankan cita rasa restoran agar tetap asli. Yakni, dia tetap menggunakan bahan asal Indonesia dalam semua masakannya.

’’Saya kan pulang setahun sekali setiap Desember. Terus, Januari balik ke Berlin. Setiap pulang itu, saya bawa daun salam yang sudah kering serta daun kunyit buat bumbu. Pokoknya, koper saya, Pak Michael, dan Bu Lusi penuh bumbu,’’ tutur Agus.

Daun salam dan kunyit, menurut dia, sangat jarang ditemukan di grosir bumbu Asia di Berlin. Melihat pentingnya bumbu itu, Lusi yang juga bertanggung jawab untuk memastikan stok bumbu aman membeli empat freezer besar berukuran 2 x 2 meter. Dengan dimasukkan dalam freezer, bumbu-bumbu akan bertahan lebih lama. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL