shutterstock

shutterstock

Jakarta, LiputanIslam.com – Setelah UII dan UNISBA yang memberikan beasiswa full bagi calon mahasiswanya yang hafal Al-Quran, kini salah satu Perguruan Tinggi Negeri, Universitas Sebelas Maret (UNS) pun mulai memberikan prioritas bagi mereka yang hafal Al-Quran setidaknya 15 juz. Bahkan jika hafal 30 juz sudah dijamin mendapatkan keistimewaan dalam proses seleksi di UNS. Hal tersebut diungkapkan oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Ravik Karsidi, dalam acara jumpa pers pendaftaran SNMPTN 2015, Senin (9/2/2015).

Guna mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun ini, calon peserta haruslah sudah lulus sekolah dan mengikuti Ujian Nasional (UN). Selain kedua hal tersebut, PTN memiliki cara tersendiri dalam menyeleksi mahasiswa baru, seperti dilansir dari okezone.com.

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Prof. Ravik Karsidi menyebutkan beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam SNMPTN. Hal pertama yang diperhatikan adalah prestasi rapor.

“Panitia SNMPTN melihat track record siswa selama tiga tahun di sekolah. Rekam jejak dari kakak kelas pendaftar juga menjadi pertimbangan, masing-masing sekolah ada catatannya,” papar Ravik.

PTN juga menyeleksi siswa berdasarkan akreditasi sekolah. Pertimbangan lain adalah persentase siswa dari sekolah pendaftar yang lulus dalam SNMPTN dan SBMPTN tahun sebelumnya.

Ravik juga menggarisbawahi pentingnya prestasi khusus yang dimiliki siswa sebagai portofolio. “Misalnya siswa pernah menang dalam olimpiade nasional, olahraga, atau seni,” tuturnya.

Bahkan, UNS memberikan keistimewaan bagi para hafidz (penghafal) Alquran. Mereka yang hafal minimal 15 juz mendapatkan prioritas dalam seleksi mahasiswa baru di UNS.

“Syukur-syukur 30 juz,” imbunya.

Di luar semua pertimbangan tersebut, tutur Ravik, PTN juga mempertimbangkan kuota mahasiswa baru yang dapat mereka terima. Setiap PTN biasanya mengalokasikan 50 persen dari total mahasiswa baru untuk diterima melalui SNMPTN. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL