FK unismaMalang, LiputanIslam.com — Fakultas Kedokteran (FK) merupakan salah satu pilihan favorit di Tanah Air. Banyak generasi muda Indonesia yang bercita-cita menjadi dokter, dan mengabdikan hidupnya untuk masyarakat. Di Universitas Islam Malang (Unisma), tahun lalu, ada 900 orang yang berebut kursi di FK Unisma. Tahun 2015, peminatnya diperkirakan meningkat.

“Dari tahun ke tahun, FK Unisma selalu jadi favorit. Tahun kemarin saja ada 900 peminat, diterima hanya 92 orang. Tahun ini bakal lebih banyak lagi,” ujar Staf PMB Unisma, Ahmad Danial Riyad seperti yang dilansir Malang Post, 31 Januari 2015.

Ditambahkan, kualitas lulusan FK Unisma tak diragukan lagi. Sehingga dari tahun ke tahun, peminatnya selalu bertambah. Banyaknya peminat di FK Unisma, diiringi dengan ketersediaan fasilitas yang mumpuni. Mulai dari ruangan ber-AC, laboratorium lengkap, sampai Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma untuk praktikum mahasiswa.

Namun yang paling menarik, mahasiswa FK Unisma di tahun pertama akan menghabiskan waktunya di pondok pesantren.

“Karena sesuai visi misi di FK Unisma, menciptakan dokter Muslim yang berakhlak Islami, jadi mahasiswanya dipondokkan,” tambah Danial, panggilan akrab Ahmad Danial Riyad.

Setelah FK Unisma, favorit selanjutnya di Unisma adalah Fakultas Ekonomi (FE) Unisma, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, serta Jurusan Agama Islam. Kendati demikian, bukan berarti Prodi dan Fakultas lainnya tak berkualitas. Di Unisma, lanjut Danial, ada 19 dari 10 fakultas di Unisma yang seluruhnya menjunjung tinggi kualitas pendidikan.

Tahun ini, Unisma memiliki kuota PMB sebanyakl 2.500 untuk program sarjana, 1.000 untuk program Magister dan sekitar 20 untuk program Doktor. Pendaftaran untuk non-FK dibuka mulai 25 Februari 2015. Sedangkan untuk FK Unisma, sudah mulai dibuka sejak 1 Desember 2014 lalu.

“Pendaftaran ditutup 12 September 2015. Ada 3 jalur pendaftaran, Reguler, Prestasi dan Beasiswa,” jelas dia.

Dalam proses perkuliahan, Unisma selalu menjunjung tinggi nilai keislaman. Danial mengatakan, selama 5 sampai 6 semester di Unisma, mahasiswa bakal digodok dengan mata kuliah Agama Islam. Ini merupakan upaya dari pihak Perguruan Tinggi untuk menjadikan lulusan Unisma berakhlak mulia.

“Unisma juga ditunjang fasilitas, seperti  gedung representatif, komputer, visual sudah lengkap, manekin sudah tresedia. Unisma juga dapat kepercayaan dari Kementerian Agama, sehingga tiga tahun terakhir ini jumlah mahasiswa Unisma terus bertambah,” pungkas Danial.

Sejarah Unisma

Keberadaan Univeristas Islam Malang diawali oleh adanya keinginan para tokoh masyarakat, ulama dan cendekiawan muslim dikalangan Nahdlatul Ulama di kota Malang untuk mendirikan suatu Perguruan Tinggi Islam yang besar, berkualitas dan mandiri. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pada tanggal 27 Maret 1981 berdirilah Yayasan Sunan Giri (sekarang berubah menjadi Yayasan Universitas Islam Malang) yang berkedudukan di Jalan MT. Haryono 193 Malang.

Berdirinya UNISMA dipelopori oleh para sarjana Muslim yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama’ah. Mereka sepakat untuk membentuk Panitian Sembilan yang bertugas menangani konsep dan bentuk teknis dalam rencana pendirian Perguruan Tinggi. Sebagai cikal bakal berdirinya Unisma adalah Fakultas Tarbiyah. Terbentuknya Fakultas Tarbiyah, diawali dengan berdirinya Akademi Pendidikan Ilmu dan Agama Islam (APIA) yang selanjutnya berubah menjadi Fakultas Tarbiyah Watta’lim (FTT) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU).

Sejak tanggal 7 Oktober 1983 UNISMA mendapat status Terdaftrar untuk program pendidikan Sarjana Muda dengan SK. Mendikbud RI no 0425/1983 Untuk Fakultas hukum (Jurusan Keperdataan, Pidana dan Administrasi Negara), Fakultas Pertanian(jurusam Budidaya Pertaniuan, Sosial Ekonomi Pertanian), Fakultas Peternakan (jurusan Produksi Ternak), Fakultas Teknik (Jurusan Sipil, mesindan elektro), fakultas ekonomi (jurusan manajamen dan akuntansi), Fakultas keguruan Ilmu Pendidikan (Jurusan pendidikan Bahasa dan satra Indonesia serta Pendidikan Matematika), Fakultas Ilmu Administrasi pada 27 Maret 1983 ini mulai beroperasi dengan jurusan Administrasi Negara dan Administrasi Niaga Sejak 31 Maret 2005 Universitas Islam Malang telah membuka Fakultas Kedokteran dengan konsentrasi pada keanekaragaman hayati sebagai penunjang pengobatan

Sejak Yayasan Universitas Islam Malang berdiri hanya mempunyai satu bidang garapan yaitu bidang pendidikan, namun hingga menginjak usianya yg ke 20, mengalami perkembangan yang cukup pesat, ditandai dengan Yayasan Universitas Islam Malang telah mampu mengembangkan bukan hanya dalam bidang pendidikan saja melainkan juga sektor-sektor di luar pendidikan. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL