detikcom

detikcom

Bandung, LiputanIslam.com – Kota Bandung yang kini tengah bebenah selalu memberikan terobosan-terobosan baru nan unik yang membuat setiap orang yang melihatnya berdecak kagum. Salah satunya adalah delapan halte bus Trans Metro Bandung (TMB) untuk koridor IV trayek Leuwipanjang-Antapani yang sudah berdiri. Bangunan unik tersebut turut menghiasi kota Bandung dengan desain yang mirip kapsul. Ide tersebut dicetuskan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Sekretaris Dishub Kota Bandung Enjang Mulyana menjelaskan kepada wartawan, Halte TMB tersebut konsepnya berasal dari wali kota. Wali kota Ridwan Kamil terinspirasi untuk mendesain halte berbentuk kapsul saat mengunjungi Brazil. Kemudian desainnya tersebut diaplikasikan bagi halte TMB untuk koridor IV seperti dilansir dari detik.com.

Halte-halte tersebut berada di Jalan BKR, Jalan Pelajar Perjuangan 45, Jalan Sukabumi, Terminal Leuwi Panjang dan Terminal Antapani. Halte lonjong tersebut memiliki akses masuk pada sisi kanan dan kiri yang telah dilengkapi dengan tangga. Kemudian ditengahnya terdapat akses pintu saat bus merapat pada halte. Halte tersebut cukup untuk melindungi penumpang dari terik matahari atau pun hujan sambil menunggu bus datang.

Enjang mengungkapkan biaya pembangunan tujuh halte berasal dari APBD Kota Bandung tahun 2014 senilai Rp 1,3 miliar. Sedangkan satu unit halte lagi berasal dari bantuan pemerintah provinsi Jawa Barat.

Untuk saat ini halte tersebut belum dapat digunakan karena masih menunggu pengadaan bus TMB. Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembangunan Halte Bus Dishub Kota Bandung Hari Hartawan mengatakan “Kita menunggu pengadaan bus TMB. Mungkin tahun depan (2015) itu mulai pengadaan bus. Kalau sudah ada dan lancar, halte bisa digunakan.”

Pembangunan halte yang dibangun sejak bulan September lalu, ditargetkan selesai pada akhir Desember. Sehingga jika pengadaan bus sesuai jadwal, maka tahun depan halte tersebut sudah bisa digunakan oleh masyarakat umum. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL