WudhuLiputanIslam.com — Marah adalah sesuatu hal yang manusiawi, dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Ada yang menumpahkan kemarahan dengan diam, ada yang memilih menghancurkan barang-barang, ada yang memilih berteriak, namun ada juga yang tetap bersikap cool. Anda termasuk yang mana?

Hati-hati, sebuah sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kemarahan bisa berimbas fatal untuk kesehatan. Peneliti menemukan bukti bahwa marah besar bisa meningkatkan risiko serangan jantung hingga delapan kali lipat.

Lebih parah lagi, bagi orang yang memiliki tingkat kecemasan yang tinggi, risiko terkena serangan jantung dalam waktu satu jam setelah kemarahan akan meningkat hingga sembilan setengah kali lipat. Penelitian mengamati bahwa pasien yang terkena serangan jantung dan dilarikan ke rumah sakit sebelumnya telah mengalami serangkaian kemarahan dan kecemasan.

Bagaimana kemarahan bisa memicu serangan jantung? Dr Thomas Buckley menjelaskan bahwa kemarahan bisa meningkatkan detak jantung dan tekanan darah, mempersempit pembuluh darah, dan meningkatkan kemungkinan terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah dan memicu serangan jantung.

Dari laporan Merdeka, (25/02/2015), disebutkan bahwa semakin banyak ditemukan keterkaitan antara emosi berlebihan dengan penyakit jantung. Semakin tinggi emosi, semakin tinggi pula resiko terkena serangan jantung.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 313 pasien yang mengalami penyumbatan arteri. Diketahui bahwa kebanyakan pasien merasa marah dalam rentang waktu 48 jam sebelum mengalami serangan jantung dan mengalami penyumbatan arteri. Skala kemarahan partisipan dalam penelitian ini dinilai menggunakan skala tujuh poin.

Setelah mengetahui resiko marah ini, lalu, apa yang harus kita lakukan ketika emosi tengah memuncak?

Rasulullah Saw bersabda, “Sesungguhnya  marah itu daripada syaitan dan syaitan itu dijadikan daripada api dan sesungguhnya api itu terpadam dengan air. Maka jika sesiapa di antara kamu yang dalam keadaan marah, maka bersegeralah mengambil wudhu.” (HR. Ahmad)

Ketika marah, pembuluh darah kita akan menyempit dan menyebabkan tekanan darah semakin tinggi. Air bagus digunakan untuk merelaksasikan pembuluh darah agar kembali membesar sehingga tekanan darah normal kembali.  (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL