85tari-pukatBulgaria, LiputanIslam.com – Tim Bungong Aceh dari Universitas Gajah Mada (UGM) berhasil meraih juara pertama di festival ” Open VI Bulgarian National Championship of Folklore – Euro Folk 2015″ yang berlangsung di panggung Summer Theater di kota Veliko Tornovo.

Cuitan dan tepuk tangan para penonton terdengar berkali-kali saat tim Bungong Aceh UGM mementaskan tarian Ratu Pukat dari Aceh, demikian Pensobud KBRI Sofia, Dina Martina, Minggu, seperti diberitakan Antara London.

Sinkronisasi gerak tari yang diperlihatkan pada tarian Ratu Pukat, membuat penonton kagum sebagaimana disampaikan sejumlah penonton. Iringan alat musik rebana dan saluang menambah unik tampilan tari tersebut.

Tari Ratu Pukat yang berasal dari Aceh ini mempunyai gerakan mirip tari saman namun tari diakhiri dengan pembuatan jalinan benang oleh para penari hingga membentuk sebuah jala.

Tim juri memberikan sertifikat Golden Medal kategori campuran (mix Category) Folklore and Esamble kepada Tim tari ini.

Dubes RI Sofia dan Ibu Lia B. Saptomo yang hadir pada kesempatan diminta panitia untuk tampil ke panggung menyerahkan sertifikat tersebut kepada tim Tim Bungong Aceh.

Tim Bungong Aceh sendiri terdiri dari 13 penari dan dua pemusik yang sebagian besar adalah mahasiswa semester enam Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Universitas Gajahmada (Mada).

Kehadiran Tim pada event ini, selain atas biaya masing-masing anggotanya juga atas sponsor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Event diikuti oleh sekitar 203 group dan 4300 penari/pemusik dari Bulgaria dan sejumlah negara antara lain Indonesia, Mexico, Moldova, Italia, Rumania, Armenia, Belarus dan Jerman.

Sementara itu ketua Tim Bungong Aceh Balqisa Farhani, mengatakan saat mengikuti parade masyarakat Veliko meneriaki nama “Indonesia” berkali-kali karena Team dari Indonesia memiliki banyak fans di Veliko Tornovo yang selalu menanti-nanti penampilan tim tari dari Indonesia. (Antara/fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL