Sumber: beritasatu.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, Try Sustrisno menyatakan Indonesia merupakan negara besar yang dibangun dengan konsepsi besar, yakni Pancasila. Hal itu ia sampaikan pada Seminar Nasional yang bertema “Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila dalam Sistem Pendidikan Guna Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Nasional” di Gedung Lemhannas, Jakarta, pada Kamis (16/11).

Menurut Try Sutrisno, dengan konsepsi besar itulah Indonesia berhasil menghimpun keberagaman yang ada. “Negara Indonesia adalah negara besar yang dibangun dengan konsepsi besar yakni Pancasila. Hanya dengan Pancasila‎ kita bisa bersatu dalam keberagaman,” ucapnya.

Ia menjelaskan, bahwa kebesaran martabat Indonesia bukan hanya karena diukur dari populasinya yang besar. Bukan juga karena memiliki posisi strategis dimana memiliki garis pantai yang terpanjang di dunia.‎ Tetapi keberhasilan melahirkan Pancasila merupakan sejarah kebesaran dan keagungan bangsa Indonesia.

“Jadi, karena Pancasila, Indonesia menjadi besar. Sejarah melahirkan Pancasila merupakan sejarah yang agung dan besar, yang membuat suku, agama, adat yang beragam dari seluruh pulau Indonesia bisa bersatu,” ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, sebagai konsep yang besar dan agung, maka pendidikan Pancasila jangan dicampur dengan pendidikan lain. “Pendidikan Pancasila harusnya fokus, jangan dicampur dengan pendidikan kewarganegaraan. Karena Pancasila sangat penting perannya untuk bangsa Indonesia,” terangnya. (Ar/Tribun/Detik).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL