Foto: Klinik Pendidikan MIPA (KPM)

Foto: Klinik Pendidikan MIPA (KPM)

Jakarta, LiputanIslam.com-Anak-anak asal Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia. Mereka mampu keluar sebagai juara umum dalam lomba Matematika kelas internasional di India. Ada rasa haru dan bangga ketika bendera Merah Putih berkibar di India.

Kali ini Indonesia diwakili oleh anak-anak dari Klinik Pendidikan MIPA (KPM) dibawah bimbingan R. Ridwan Hasan Saputra. Dalam ajang internasional tersebut anak-anak Indonesia mampu mempersembahkan gelar dalam kompetisi matematika Wizards at Mathematics International Competition (WIZMIC) 2014 di India seperti di lansir dari detik.com.

Terdapat 16 siswa yang dibagi menjadi 4 tim. Lomba yang dilaksanakan pada tanggal 18-21 Oktober 2014 tersebut bertempat di City Montessori School (CMS) Lucknow, India. Hasilnya mereka dapat menggondol 8 medali emas, 5 medali perak dan 3 medali perunggu.

Peraih medali emas diantaranya adalah Dick Jessen William siswa SMP dari santa Maria Pekanbaru. Ignatius Kent Hastu Parahita siswa SMPN 26 Surabaya. Alfian Edgar Tjandra siswa SMP Springfield Depok. Irfan Urane Aziz siswa SMPN 2 Depok. Fauzan Rafif Widyanto SMPN 211 Jakarta. Pikatan Arya Bramajanti siswa SDN 2 Sokanegara Purwokerto. Muhammad Surya Siddiq siswa SMPIP Darul Jannah Bogor dan Rio Alexander Audino SMPN 1 Singaraja Bali. Selebihnya yang mendapatkan medali perak dan perunggu berasal dari SMP negeri dan Swasta dari berbagai daerah dari Indonesia.

Menurut Ridwan “Hasil WIZMIC 2014 sangat membanggakan, karena jauh lebih baik dari yang diraih pada ajang sebelumnya pada tahun 2011 yang baru meraih 2 medali emas, 5 medali perak dan 9 medali perunggu.”

Jumlah siswa yang mengikuti WIZMIC 2014 adalah 172 yang dibagi menjadi 43 tim dari berbagai negara. Diantaranya adalah Indonesia, Thailand, Philipina, Afrika Selatan dan tuan rumah India. Selain mengikuti ajang perlombaan juga digunakan sebagai ajang memperkenalkan budaya Indonesia. Tim Indonesia mendapatkan sambutan yang meriah saat menampilkan tari Tor-Tor dalam acara Cultural Night. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL