FUKBJakarta, LiputanIslam.com — Konflik yang terjadi antara Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dengan DPRD semakin memanas terkait APBD. Dalam beberapa hari terakhir, perseteruan ini menghiasi terus menghiasi media massa dan menjadi topik yang paling banyak diperbincangkan di jejaring sosial.

Upaya mediasi telah dicoba dilakukan pada hari ini, tetapi tidak ada kemajuan yang berarti. Kedua belah pihak tetap keukeuh dengan keyakinannya masing-masing.

Atas pertimbangan inilah, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DKI Jakarta menyambangi gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Dalam kunjungan tersebut, mereka membawa lembaran surat yang berisi imbauan moral kepada gubernur dan DPRD yang sedang berselisih paham.

“Fungsi dari majelis agama memberikan imbauan moral pada DPRD dan Pemprov agar selalu berjalan di jalan yang benar dalam hal apapun. Dengan begitu, hal seperti korupsi tidak akan terjadi,” terang Ahmad Syafi’i Mufid, ketua FKUB DKI Jakarta saat berada di gedung DPRD, seperti dilansir Kompas, 5 Maret 2015.

FKUB DKI Jakarta merasa prihatin dengan konflik yang terjadi antara Pemprov dengan DPRD DKI. Menurut Ahmad Syafi’i, situasi yang tidak bersahabat antar-dua lembaga itu membuat masyarakat menjadi terpecah.

“Seharusnya masing-masing pihak fokus bekerja, jangan bertikai karena jelas merugikan rakyat. Suasana harmonis di dalam masyarakat menjadi terganggu karena masyarakat ada yang ikut bela pihak gubernur atau pihak DPRD,” ungkap Ahmad Syafi’i yang pernah bekerja sebagai Peneliti Balitbang Kementerian Agama itu.

Ahmad Syafi’i datang bersama 20 orang yang mewakili berbagai majelis agama di Jakarta. Ada yang dari Majelis Ulama Indonesia, Persekutuan Gereja-gereja Indonesia, Keuskupan Agung Jakarta, Perwakilan Umat Buddha Indonesia, Parisadha Hindu Dharma Indonesia, hingga Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia.

Kedatangan FKUB Jakarta sayangnya tidak sempat disambut langsung oleh gubernur maupun DPRD DKI yang pagi itu tengah melakukan mediasi di Kemendagri. Mereka hanya sempat bertemu dengan Ahmad Yani yang merupakan anggota Komisi A DPRD DKI dari Fraksi PKS.

“Kita akan sampaikan ke pimpinan mengenai himbauan yang diwakili oleh bapak-bapak ini, mudah-mudahan semua bisa segera diselesaikan,” sambut Ahmad Yani. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*