berita_154384_800x600_pens-juara-robot-2014-di-indonesiaproud-wordpress-com

Antara

Bandung, LiputanIslam.com – Setelah anak SD Muhammadiyah 4 yang memenangi Olimpade Robotik di Singapura bulan lalu, kini kabar gembira datang dari tim robot Indonesia 2015 yang diwakili oleh Politeknik Negeri Bandung (Polban). Dalam ajang Trinity College International Robot Contest 2015 yang dihelat di Hartford, Connecticut, Amerika Serikat, mereka mampu menyabet dua medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.

Setiadi Rachmat, pembimbing dan Pemantau Tim Robot Indonesia 2015, mengatakan prestasi tersebut merupakan capaian yang luar biasa mengingat kompetisi ini merupakan ajang bergengsi yang telah diselenggarakan kurang lebih 20 tahun dengan peserta dari berbagai negara seperti Amerika, China, Israel dan lain-lain, seperti dilansir dari antaranews.com.

“Tim robot Indonesia yang dikirim merupakan tim yang dipilih dari pemenang tingkat nasional Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) tahun 2014. Tim ini merupakan tim yang mewakili Indonesia dibawah penugasan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi” ujar Setiadi.

Tim yang berjumlahkan 13 orang yang terdiri dari mahasiswa, pembimbing; pendamping dan pemantau. Para mahasiswa yang terlibat adalah Harry Gusyanto, Dendi Mahawarman, Zharfan Ghafara Gunawan, Candra Diningrat, Irham Yusra Muhammad dan Hilmy Abdurrahim Kaukaby. Mereka semua dibimbing oleh Setiadi Rachmat M Eng, Bambang Wisnuadhi MT Dr Eril Mozef, MS DEA Djoko Purwanto PhD, Dra Victoriana Suhartini, Yudi Harianto ST dan Angki A Rachmat MT.

Ada dua divisi yang diikuti tim robot Indonesia pada Trinity College International Robot Contest, yaitu Divisi Pemadam Api Senior Beroda (“Fire Fighting Senior Wheeled Division”) dan Robot Berkaki (“Fire Fighting Senior Walking Division”).

Untuk kategori “Fire Fighting Senior (Wheel) Division”, tim memperoleh medali emas diraih untuk Robot BANDUNG WR, dan medali perak untuk Robot NUSANTARA WR.

“Lalu untuk kategori Fire Fighting Senior (Walking) Division memperoleh medali emas diraih oleh Robot PASUNDAN LR, sedangkan medali perunggu diraih oleh Robot CIWARUGA LR,” katanya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL