Sumber: NU Online

Jakarta, LiputanIslam.com– Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengimbau para Nahdliyin (warga NU) untuk tidak ikut demo. Hal itu menanggapi adanya  rencana aksi atau demo yang digelar   Forum Umat Islam (FUI) yang berisi tuntutan agar pemerintah mencopot Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari jabatannya, pada hari ini Jumat, (31/3) di sekeliling Monas Jakarta. Pernyataan tersebut disampaikan Said Aqil di Gedung PBNU Jakarta, pada Rabu (29/3).

Menurutnya, demo-demo itu hanya akan menghabiskan energi, waktu, dan uang saja. Said Aqil juga mengaku telah melarang organisasi-organisasi keislaman lainnya untuk demo tersebut. “Gak usah berdemo. Buang-buang energi, waktu, uang saja. Saya adalah Ketua Lembaga Persahabatan Organisasi Masyarakat Islam. Ada 12 ormas (yang tergabung). Ada Al Irsyad, PITI, Mathlaul Anwar, dan lain-lainnya. Warga ormas itu saya larang untuk ikut demo (313),” ujarnya.

Said Aqil menyatakan, meski demikian, dirinya mempersilahkan orang yang tetap  mau berdemo. Namun ia menyayangkan kalau demo itu digelar dengan mengatasnamakan agama. Said Aqil kemabli mengingatkan agar agama tidak digunakan untuk kepentingan politik.

“Yang saya sayangkan adalah (demo dengan) mengatasnamakan agama demi mengalahkan pasangan calon dan menaikkan calon yang didukung,”  ungkapnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengajak kepada seluruh umat Islam Indonesia, khususnya Nahdliyin, untuk senantiasa menampilkan wajah Islam yang damai dan sejuk. Serta menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia adalah negara yang beradab, beretika, dan tunduk di bawah hukum.

Terakhir, ia menjelaskan bahwa negara Madinah yang dibangun Nabi Muhammad itu adalah negara berdasarkan kesepakatan bersama dan negara yang menjunjung tinggi hukum, bukan negara Islam. “Platform negara Madinah (yang dibangun Nabi Muhammad Saw) adalah semua sama di mata hukum,” jelasnya. (Ar/Tempo/NU Online.

 

 

 

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL