Grup tari dan musik tradisi Danadyaksa Budaya Labschool Cibubur/detik.com

Grup tari dan musik tradisi Danadyaksa Budaya Labschool Cibubur/detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Kabar gembira kali ini datang dari grup tari dan musik tradisi Danadyaksa Budaya Labschool Cibubur yang meraih prestasi dalam Folklore Festival “INTERFOLK” ke-7 2014 di Kota St. Petersburg, Rusia. Meraka meraih tropi emas dan Juara Satu untuk kategori C, Mized Folk Ensamble: Dance-Vocal-Instruments.

Kompetisi tahun 2014 terdapat 43 grup folklore dari berbagai negara seperti Indonesia, Malaysia, Yunani, Estonia, Georgia, Bulgaria, Lithuania, Cyprus, dan Rusia sebagai tuan rumahnya.

Penilaian dalam perhelatan tersebut dibagi kedalam lima kategori yakni authentic folklore – choirs and ensembles, modern arrangement of folklore music (choirs and ensembles), mixed ensembles (dances-vocal-instruments), choreography ensembles and pairs (folklore dance) dan instrumental ensembles and orchestras (folklore music).

Grup yang dikomandoi oleh Donny Yoshinda, Cheelvy, Bawono Raharjo dan Iftita Leilasari dari Tim Artistik Gantari Gita Khatulistiwa (GGK) pimpinan Edwin Leo Mokodompit, berjumlah 22 orang siswa. Dan tarian yang mereka tampilkan adalah Tarian asal dari Aceh yaitu Tari Ratoeh Jaroe, Tari Ratak Tampuruang dari Sumatera Barat dan Tari Katong Parampuang dari Papua.

Selain mendapatkan emas, grup ini juga dihadiahi Special Award of Honor “Star of INTERFOLK”. Menurut Prof. Dr. Kaloyan Nikolov dari Universitas Negeri St. Petersburg, penghargaan tersebut diberikan karena penampilan Indonesia yang memukau khususnya pada penampilan Tari Ratoh Jaroe (Aceh) yang spektakuler yang memiliki teknik dan tingkat kerumitan dan kesulitan tinggi, yang ditarikan oleh para penari muda Indonesia dengan usia antara 12-13 tahun.

Dengan prestasi tersebut, grup Danadyaksa Budaya SMP Labschool Cibubur berhak atas golden ticket untuk mengikuti World Championship of Folklore 2015 di Bulgaria.

Diharapkan melalui kegiatan semacam ini, generasi muda Indonesia terpacu untuk mengikuti jejak para seniornya yaitu meraih juara di ajang internasional sekaligus lebih menghargai dan mencintai seni budaya tradisi bangsa Indonesia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL