tablettunanetra

Yogyakarta, LiputanIslam.com – Dua mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta membuat prototipe untuk kaum difable, bagi mereka yang tidak bisa melihat. Kedua mahasiswa itu adalah Muh. Hanif Sugiyanto (Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik UGM) dan Swakresna Edityomuti (mahasiswa jurusan Teknologi Jaringan Sekolah Vokasi UGM).

Hanif bercerita bahwa awalnya dirinya menbacakan SMS tetanggnya yang tunanetra, menelpon juga diminta memencetkan tombol. Dari pengalaman itulah dirinya bersama rekannya membuat tablet purwarupa yang diberi nama dengan iBlind.

Ada tiga komponen utama yang digunakan dalam pengoperasian iBlind seperti dikutip dari okezone.com. iBlind memiliki display yang berbentuk kotak dengan huruf braille di permukaannya, modul GSM untuk menerima pesan dan software penerjemah huruf digital menjadi braille.

Kisaran harga untuk membuat satu unit iBlind adalah Rp 1 juta. Mereka berharap produk ciptaannya dapat diproduksi secara masal sehingga membantu kaum difable tunanetra.

Swakresna mengklaim bahwa prototipe iBlind bekerja dengan cepat dalam mentransfer huruf digital menjadi braille. Waktu yang dibutuhkan kurang dari satu detik untuk satu karakter.

Kelemahan purawarupa tersebut memang hanya terbatas untuk satu karakter saja. Namun selanjutnya kedua mahasiswa tersebut berjanji akan merancang tablet dengan 50 karakter sekaligus. Sehingga tidak perlu membaca satu-satu lagi.

Selain itu karena masih berbentuk purwarupa, iBlind masih dalam tiga bagian terpisah. Selanjutnya dalam waktu dekat alat tersebut akan disatukan sehingga menjadi lebih aplikatif dan mudah untuk digunakan oleh kaum difable tunanetra.

Dengan tiga bagian display, modul GSM dan software menjadi satu, purwarupa iBlind nantinya akan seperti tablet biasa namun layarnya berbeda karena berisi kode braille karena memang dirancang khusus untuk kaum difable tunanetra.

Selain dirancang dengan ukuran 8×7 inci, tablet tersebut akan mampu dipakai untuk membaca, mengirim sms dan menelpon. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL