Susi Pudjiastuti/detik.com

Susi Pudjiastuti/detik.com

Jakarta, LiputanIslam.com – Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga pendiri Susi Air, Susi Pudjiastuti mengungkapkan hal yang menjadi kelemahan pengusaha di Indonesia. Apa itu?

“Orang Indonesia punya kreativitas tinggi. Tetapi kelemahannya di keeping sense of continuing dan sustainable,” kata Susi dalam acara d’Preneur with BRI di Gedung Lemhanas, Jakarta Pusat, Senin (23/3/2015) seperti diberitakan oleh detik.com.

Artinya, Susi menilai banyak pengusaha Indonesia yang tidak punya niat untuk terus melanjutkan dan mengembangkan bisnis mereka. Tidak hanya itu, pengusaha Indonesia masih banyak yang memiliki sikap kurang disiplin. Hal ini yang paling tidak dia sukai.

“Kurang disiplin, kalau sudah ya sudah. Enak sih hidup begitu. Kalau saya nggak punya choice,” imbuhnya.

Susi saat ini memang aktif menjadi seorang menteri. Meski menjadi menteri, Susi lantas tidak meninggalkan hobi lamanya sebagai seorang fotografer.

“Sekarang saya menjadi freelance fotografer,” ujarnya.

Susi menjawab pertanyaan dari peserta seminar dari Bima, NTB yang menanyakan tips sukses membangun usaha sepertinya.

“Saya itu tidak punya tips khusus, saya kan nggak lulus sekolah, tidak banyak pilihan. Lain orang punya ijazah bagus, banyak peluang, banyak pilihan,” ujarnya.

Menurut Susi, ketika dirinya tidak punya banyak pilihan tersebut, justru menjadi fokus dalam berusaha di bidang yang digelutinya terutama di sektor perikanan.

“Fokus berusaha, disiplin, usahanya tidak boleh besar pasak daripada tiang, terus inovasi, pakan ikan saya bikin sendiri. Intinya kita tidak boleh kerja biasa-biasa karena hasilnya akan biasa. Usaha ikan saya tidak pakai bahan kimia, kita harus bisa berbeda dengan usaha orang lain,” tutupnya. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*