stella florist

stella florist

Jakarta, LiputanIslam.com — Ungkapan ‘katakan dengan bunga’ seolah abadi, jika kita saksikan hingga hari ini, bunga dijadikan sebuah perantara untuk mengungkapkan berbagai macam hal. Bunga bisa mewakili perasaan cinta, namun dilain pihak, bisa juga digunakan untuk menunjukkan duka cita. Bukankah begitu?

Tak heran, jika keismewaan bunga ini dijadikan sebagai peluang bisnis. Selama setiap hari ada anak manusia yang jatuh cinta, baik itu kepada keluarga, sahabat, ataupun lainnya, maka bisa dipastikan, akan selalu ada yang mencari bunga untuk mengungkapkan isi hati. Dan berkat anugerah cinta inilah, Maya Indraswari (40) sukses menjalankan bisnis toko bunga.

Ia memulai bisnisnya setelah bekerja sebagai karyawan selama 14 tahun di perusahaan asing. Pada tahun 2010, Maya memberanikan diri untuk merintis toko bunga bernama Stella Florist di daerah Tebet, Jakarta.

Pengalaman bekerja di beberapa perusahaan asing, kontan berpengaruh pada pembangunan mental dan karakter Maya. Ia pun mampu memiliki banyak relasi baik dari internal maupun lintas perusahaan. Bekal inilah yang meyakinkan maya untuk serius membangun bisnisnya sendiri.

Sebelum sukses bisnis toko bunga dengan brand Stella Florist, Maya sudah berulang kali membangun usaha, namun hasilnya kandas di tengah jalan. Akhirnya, berdasarkan belajar dari pengalaman dan kegagalan sebelumnya, Maya pun memutuskan untuk mengundurkan diri dari perusahaan tempat ia bekerja. Maya memantapkan dirinya untuk memulai bisnis secara full time.

“Memulai bisnis toko bunga atau rangkaian bunga, saya mulai secara tanpa sengaja. Jalan Tuhan mempertemukan saya dengan seorang perangkai bunga handal yang juga ingin memulai bisnis ini.” ungkap Maya, seperti dikutip dari bisnisukm.com, 16 Februari 2015.

Banyaknya kompetitor bisnis rangkaian bunga, membuat Maya harus pintar-pintar membuat strategi. Hal ini ia lakukan agar dapat memberikan “first impression” pada calon konsumen. Karena pada awal memulai bisnis, Maya mengaku hanya memiliki modal terbatas. Maka, jalan keluarnya adalah melakukan promosi secara kreatif dan berbeda dengan pelaku bisnis florist yang sudah eksis.

Pada awalnya, Maya mengaku hanya menawarkan bisnis rangkaian bunga miliknya pada teman dan relasi lama saat bekerja. Namun, lambat laun konsumennya pun merasa puas dan promosi dari mulut ke mulut pun berjalan. Karena ternyata bisnis rangkaian bunga adalah bisnis yang menarik dan bisa dibilang tidak ada habisnya. Rangkaian bunga dibutuhkan di setiap moment penting bagi seseorang, mulai dari kelahiran hingga kematian.

Stella Florist, pada awalnya memulai bisnis dengan modal kecil sebesar 1 juta rupiah saja. Namun, kini omzet penjualan bisnis toko bunga milik Maya telah mencapai angka 50 juta rupiah per bulan. Omzet sedemikian besar didapat dari aneka produk rangkaian bunga, mulai dari dari produk rangkaian bunga meja, rangkaian kombinasi, rangkaian tinggi, bunga papan, handbouqet, dan dekorasi.

Maya mengungkapkan kunci suksesnya dalam berbisnis, “Dalam menjual sebuah produk, bukan hanya pengetahuan akan produk saja yang perlu kita kuasai, tetapi kita perlu peka dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga yang kita tawarkan bukan hanya sebuah produk melainkan solusi. Dengan begitu, mereka pun dengan sendirinya akan lebih yakin dan percaya akan tawaran kita. Maka, mereka akan menjadi pelanggan setia kita,” paparnya. (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL