efishery/selasar.com

efishery/selasar.com

LiputanIslam.com – Kabar gembira datang dari Rotterdam, Belanda. eFishery, sebuah startup asal kota Kembang Bandung, berhasil mendapatkan juara pertama Get In The Ring (GITR) Internasional pada tanggal 22 November 2014.

GITR adalah program dari Global Entrepreneurship Week yang bekerjasama dengan Kauffman Foundation. eFishery sendiri diwakili oleh anak muda bernama Ikhsan Akhirulsyah dan Gibran Chudzaefah Amsi El Farizy.

eFishery merupakan alat pemberi makan ikan otomatis. Dengan alat tersebut mereka dapat memberi makan ikan dengan jadwal yang akurat serta teratur dalam jumlah pakan yang sudah di atur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kadar pengaturan. Hal tersebut memberikan dampak signifikan terhadap produksi yang membantu menghemat waktu serta menolong para peternak ikan di Indonesia seperti di lansir dari selasar.com.

Dari pengalaman beberapa pemenang sebelumnya yang mengikuti kompetisi tingkat Internasional, hasil penelitian atau produk yang dilombakan akan berpeluang menang dengan jika hal tersebut memberikan dampak positif pada lingkungan sekitar. Seperti dua remaja SMA asal Indonesia yang membuat tusuk gigi pendeteksi borax, atau contoh lain beberapa mahasiswa Sumbawa yang membuat alat pendeteksi kadar glukosa dalam madu sehingga bisa mendeteksi mana madu asli Sumbawa dan mana yang bukan. Dengan demikian hasil-hasil tersebut bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar.

Perjuangan eFishery pun tidak mudah, setelah harus berkompetisi di tingkat Asia dengan mengalahkan start-up asal Korea Selatan, kemudian bisa langsung berkompetisi di tingkat dunia di Rotterdam, Belanda.

Akhirnya perjuangan eFishery bisa membuahkan hasil yang memuaskan karena keluar sebagai juara pertama setelah menundukkan start-up dengan teknologi tinggi dari berbagai belahan dengara mau lainnya seperti Eropa dan Amerika.

Kemenangan tersebut menurut Gibran merupakan pembuktian dirinya bahwa apa yang dilakukannya untuk membantu para petani ikan ternyata membuahkan hasil untuk bisa tampil di kancah dunia dan berani unjuk gigi dengan penemuannya.

Kemenangan eFishery merupakan pintu gerbang bagi startup lainnya dari Indonesia untuk maju ke level Internasional tambah Ikhsan Akhirulsyah. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL