image/koransindo

image/koransindo

Jakarta, LiputanIslam.com – Forbes menurunkan peringkat daftar 50 wanita pengusaha yang paling berpengaruh di Asia (50 Asia’s Power Businesswomen) 2015. Tiga diantaranya adalah wanita pengusaha asal Indonesia.

Mereka adalah Anne Particia Sutanto, Noni Purnomo, dan Wendy Sui Cheng Yap yang dinilai memiliki pengaruh kuat dalam jaringa bisnisnya seperi dilansir Koran Sindo.

Anne Patricia Sutanto (42) dikenal sebagai Vice President Director perusahaan garmen PT Pan Brothers Tbk. Perusahaan dengan merek Uniqlo, Rebook, dan Nike ini memproduksi garmen. Pendapatan perusahannya ditaksir sekitar USD34 juta. Selain perusahaan garmen Anne juga memiliki perusahaan Homewere International yang memproduksi furnitur dan aksesori rumah untuk ekspor.

Noni Purnomo (45) dikenal sebagai President Director Blue Bird Group Holding. Kariernya didedikasikan untuk perusahaan yang didirikan oleh keluarganya tersebut. Tiga tahun lalu perusahaan tersebut ditaksir meraih dana USD 230 juta melalui salah satu anak perusahaannya PT Blue Bird Tbk.

Wendy Sui Cheng Yap (59) menduduki jabatan President Director dan CEO PT Nippon Indosari Tbk yang sukses menjadi produsen roti ala Jepang terbesar di Indonesia. Produksi rotinya dikenal dengan merek Sari Roti yang menguasai 90 % pasar domestik. Pendapatan perusahaan ditaksir mencapai USD 147 juta. Sari Roti memiliki 10 pabrik di Indonesia dengan kapasitas produksi 4,2 juta roti per hari.

Sebelum ketiga srikandi tersebut disebut-sebut media, telah hadir srikandi-srikandi kebanggaan bangsa Indonesia, diantaranya adalah Sri Mulyani Indarwati yang menjadi wanita Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia sejak tahun 2010. Christine Hakim yang telah malang melintang di dunia perfilman Indonesia. Selama kariernya ia telah menyabet 8 kali penghargaan Piala Citra dan juga pernah menjadi duta PBB.

Dalam bidang Olahraga, Indonesia memiliki legenda bulutangkis Susi Susanti yang pernah menjuarai Olimpiade 1992 di Barcelona. Kemudian dalam bidang tarik suara Agnes Monica mampu mendapatkan berbagai penghargaan baik dalam dan luar negeri. Kiprahnya sampai kini belum meredup dalam dunia musik Indonesia dan termasuk penyanyi papan atas Indonesia.

Selain Agnes Monica, Anggung Cipta Sasmi menjadi salah satu wanita Indonesia yang berhasil menggebrak belantika musik dunia pada tahun 1997 yang merilis album internasional di 33 negara termasuk Amerika Serikat. Talenta animasi Indonesia hadir dan diakui dunia melalui goresan pena Griselda Sastrawinata yang bekerja sebagai visual development di rumah produksi Dreamworks yang telah menghasilkan film-film animasi yang menjadi box office film dunia. Dan yang menjadi wanita pertama yang masuk dalam daftar “Asia’s 50 Power Businesswomen” adalah Karen Agustiawan yang menjabat Direktur Utama Petamina tahun 2009-2014 sehingga dinobatkan oleh Forbes pada tahun 2011 sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di Asia. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*