Peresmian Solo Science Center/timlo.net

Peresmian Solo Science Center/timlo.net

Solo, LiputanIslam.com – Surakarta atau Solo kini memiliki pusat sains yang terletak di gedung Solo Techno Park di kawasan Jebres. Menurut Agus Joko Witiarso yang juga kepala badan perencanaan dan pembangunan Surakarta mengatakan bahwa pusat sains itu dibangun untuk menarik minat pelajar untuk memahami dasar-dasar pengetahuan dan teknologi. Selain pelajar masyarakat umum pun diharapkan bisa memanfaatkan pusat sains tersebut dalam memahami prinsip prinsip iptek.

Agus menambahkan bahwa dengan praktik langsung, pusat sains akan menjadi pelengkap pembelajaran di sekolah agar mampu mengenalkan iptek dengan mudah. Di pusat sains tersebut pelajar dan pengunjung lainnya dapat merasakan dan menyentuh langsung sebuah teknologi yang pada umumnya hanya dipelajari secara teoritis saja seperti di lansir dari tempo.co.

Selain memiliki tema Fisika, pusat sains Solo juga memiliki alat peraga iptek dengan tema lainnya seperti Matematika, Energi sampai dengan robotik.

Agus berharap Surakarta dapat memiliki taman teknologi, agar tidak mirip dengan taman pintar di Yogyakarta, taman teknologi lebih menekankan pada teknologi. Perwujudannya Agus akan mencari hibah semulasi pesawat terbang.

Pusat Sains Solo dapat dikunjungi setiap hari kerja dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 secara gratis atau tanpa dipungut biaya.

Ari Hendarto pada kesempatan yang sama mengatakan bahwa pusat sains didirikan agar mampu menggambarkan kegiatan sains. Sehingga pelajar dan pengunjung mempunyai kesan bahwa sains ternyata menyenangkan dan lebih mudah diterima jika bisa melalui praktik langusng.”Kalau di museum kita tidak boleh menyentuh koleksi, kalau di sini wajib menyentuh dan mencoba,” kata Direktur Pusat Peragaan Iptek Kementerian Pendidikan Tinggi dan Riset Teknologi tersebut. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL