Sumber: bbc.com

Bogor, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengaku terkejut dengan pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel. Menurutnya, sikap Amerika tersebut sangat menjengkelkan. Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional ICMI, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/12).

“Kita ini kan sedang berbicara dalam forum internasional, mengantisipasi sikap Korea Utara, eh ternyata dikejutkan oleh sikap yang satunya lagi, pemerintah Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu kota Israel. Ini sungguh sangat mengejutkan, menjengkelkan, membuat dongkol,” ujarnya.

Presiden Jokowi menceritakan bahwa ketika bertemu terakhir dengan dirinya, Donald Trump tampak berbicara dengan baik, dan murah senyum. Bahkan saat makan malam, ia duduk di sebelah Ibu Negara Iriana. “Ngajak ngomong istri saya terus-menerus sepanjang makan malam,”ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah menyampaikan sikap Indonesia yang mengecam keras pengakuan sepihak Amerika Serikat (AS) terhadap Yerusalem, dan mengingatkan Amerika Serikat agar mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Presiden Jokowi juga telah menegaskan bahwa dirinya dan rakyat Indonesia tetap konsisten bersama dengan rakyat Palestina dalam memperjuangkan kemerdekaan dan hak-haknya sesuai dengan amanat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. (Ar/Setkab).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*