Sumber: arahpolitik.com

Yogyakarta, LiputanIslam.com– Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Ahmad Syafii Maarif (Buya Syafii) mengaku khawatir dengan semakin maraknya berita bohong atau hoaks yang tersebar di media sosial (medsos). Menurutnya, hoaks berpotensi merusak keutuhan bangsa ini. Oleh karena itu, ia mengimbau orang-orang yang waras agar tidak diam, tetapi harus bangun dan terdepan melawan hoaks.

“Yang masih waras harus ikut turun gunung, harus tampil di depan, ‘speak up’,” katanya usai dialog budaya di Grha Suara Muhammadiyah, Yogyakarta, pada Selasa (19/3).

Buya mengatakan, bahwa untuk menghadapi penyebar hoaks tak bisa dengan cara kekerasan, namun memakai langkah halus. Penyebaran hoaks atau informasi bohong sejatinya merupakan upaya meruntuhkan martabat manusia.

“Hoax sesuatu yang tidak baik, sesuatu yang meruntuhkan martabat manusia sebenarnya,” ucapnya.

Menurut Buya, haoks perlu dilawan dengan gelombang besar yang salah satunya dapat dilakukan oleh media massa mainstream. “Orang-orang semacam ini (penyebar hoaks) kan tidak bisa dihadapi dengan kekerasan ya, harus dihadapi dengan lunak dan memang membutuhkan waktu,” pungkasnya. (aw/senayanpost).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*