Mobil Tenaga Surya SMK Muhammadiyah/ANTARA

Mobil Tenaga Surya SMK Muhammadiyah/ANTARA

Jakarta, LiputanIslam.com – Setelah pamor mobil esemka Solo turun kini hadir kembali mobil yang dinilai lebih ramah lingkungan karena menggunakan tenaga matahari namun masih sama-sama karya anak SMK. Kali ini SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang, Jawa Timur dan SMK Muhammadiyah Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat memamerkan mobil tenaga surya ciptaannya masing-masing.

Mobil tenaga surya karya anak SMK ini diperkenalkan kepada publik pada hari Jumat (19/12) di Jakarta yang turut dihadiri oleh ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan hadir pula Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan seperti dilansir dari cnnindonesia.com.

Mobil bertenaga surya tersebut dinamai Suryawangsa 2 yang merupakan karya anak SMK Muhammadiyah Malang dan Giwangkara yang merupakan karya SMK Muhammadiyah Indramayu.

Suryawangsa 2 memiliki kemampuan dengan kecepatan tempuh 60 km per jam dan dapat mengangkut enam orang sekaligus didalam kabinnya. Suryawangsa 2 ini dilengkapi dengan empat buah solar Cell yang terdapat pada atap mobil sehingga mobil bisa bergerak layaknya mobil yang menggunakan bahan bakar minyak.

Kendaraaan tersebut disiapkan dalam tempo delapan bulan pada tahun 2014. Seluruh pembiayaannya yang mencapai 100 juta lebih berasal dari dana kas SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang ujar Pahri, Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Malang.

Lain halnya dengan Giwangkara yang hanya mampu menanmpung empat orang penumpang. Meskipun sama-sama memiliki empat buah solar cell dengan kapasitas daya sebesar 12volt/20ampere, Giwangkara mampu melaju dengan kecepatan lebih rendah sekitar 40 km/jam. Meskipun demikian untuk ukuran mobil yang dirakit oleh anak-anak SMK sudah merupakan sebuah karya yang luar biasa hebatnya.

Kedua mobil tersebut langsung dikendarai menuju rumahnya masing-masing di Malang dan Indramayu setelah diresmikan oleh ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL