Shutterstock

Shutterstock

Lumajang, LiputanIslam.com – Keong mas yang selama ini menjadi hama padi di Lumajang ternyata mampu diolah menjadi makanan siap saji berupa nugget. Nugget Keong Mas ini merupakan inovasi anak-anak SMA Negeri 1 Lumajang, Jawa Timur. Keong Mas yang mereka gunakan diambil dari sawah-sawah milik petani yang kemudian diolah menjadi makanan.

“Tujuan dari produk ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberantas hamanya, yaitu keong mas,” kata Kepala Sekolah SMA 1 Lumajang Jumalah , Selasa (19/5/2015), seperti dikutip dari ANTARA yang diberitakan KOMPAS.

Keong Mas selama ini dianggap sebagai hama yang menganggu tanaman padi karena mampu merusak hingga seperempat lahan sawah. Tentu saja hal tersebut akan menganggu produksi yang berakibat pada menurunnya hasil panen padi.

Dengan adanya inovasi nugget keong mas ini, para petani di Lumajang menjadi terbantu sekaligus dapat meningkatkan ekonomi mereka karena mampu mengubah hama menjadi dimanfaatkan sebagai sesuatu yang bisa dijual kembali.

Ide tercetusnya keong mas diolah menjadi nugget didasarkan pada penelitian yang dilakukan atas kerjasama Sampoerna Foundation mengenai masalah sosial.

Setelah diteliti, keong memiliki kandungan yang dapat mengurangi resiko penyakit seperti alergi, sesak napas, gangguan hati serta serat yang mengandung protein tinggi.

“Manfaat keong ternyata banyak, asal diolah dengan benar, dan juga kami telah mendapat sertifikasi halal dari MUI,” tutur Jumalah. (fie)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL