Charger-Bertenaga-Surya1Jakarta, LiputanIslam.com — Lintang Matahari Hasani, siswa SMA 28 Jakarta, bersama timnya berhasil mengembangkan charger tenaga surya. Ia mengawali prakarya ini berawal dari borosnya listrik di sekolah karena banyak yang men-charge ponsel di sekolah.

Pada mulanya, Lintang membuat program “HP Full Charge”, tetapi ternyata tidak berjalan dengan mulus sebab banyak siswa yang malah memprotes programnya itu. Sampai akhirnya ia memiliki ide untuk membuat charger bertenaga surya. Ia berharap, jika karyanya ini diproduksi dalam jumlah besar, maka akan ditempatkan di sekolah dan siswa-siswa bisa menggunakannya secara gratis.

Charger tenaga surya yang hemat energi ini menelan biaya produksi sekitar 80.000, dan mampu mengisi penuh daya baterai dengan memanfaatkan sinar matahari selama 3-4 jam. Alat yang paling mahal adalah panel surya seharga 40.000 untuk ukuran 10 x 10 m, selebihnya komponen pendukung yang kebetulan sudah ada seperti volt (tegangan listrik), kondensator, regulator, dioda, dan port USB.

Seperti dikutip dari Mawabeja.com, 7 Februari 2015, Lintang bersama timnya (Falih, Jawat, dan Isa) yang tergabung dalam ekskul Robotik di sekolah SMA 28 Jakarta mengatakan bahwa pembuatan charger bertenaga surya tersebut tidak membutuhkan banyak waktu. Pembuatannya hanya sekitar 3-4 hari, sedangkan observasinya 1 minggu.

Charger unik ini mampu melakukan isi ulang baterai perangkat mobile dan elektronik yang lain yang didukung USB. Pengaturan charger ini juga mudah, cuma butuh menyambungkan sejumlah kabel. Namun alat ini tidak berfungsi bila tidak ada matahari karena masih sangat sedehana.

Cara kerjanya: cukup letakkan charger di bawah sinar malahari, sehingga panas matahari masuk ke panel surya, kemudian dari panel surya akan dijadikan tenaga listrik dan akan dialirkan ke ponsel. Proses penyerapannya hanya sekitar 2-3 menit, setelah itu dialirkan ke kondensator, lalu ke regulator lantas ke port USB dan siap dipakai untuk men-charge 1 ponsel.

Ada yang tertarik untuk memilikinya? (ba)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL