Sumber: kemenag.go.id

Bandar Lampung, LiputanIslam.com– Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu Lampung berhasil meraih juara pada ajang kontestasi robot tingkat SMA/SMK di Indonesia. Kompetesi robot yang bertajuk Kontes Robot Teknokrat 2019 tersebut digelar di Indoor Gelanggang Mahasiswa, Bandar Lampung, seperti dilansir kemenag.go.id, pada Kamis (21/3).

Pembina Robotik MAN 1 Pringsewu, Yunizar mengungkapkan rasa syukurnya atas keberhasilan siswa-siswanya tersebut.  “Alhamdulillah kedua tim kami bisa masuk semifinal. Dan setelah berlaga di final Tim Revolusi A dengan anggota Adisty Duhita SJ dan Milatul Munawaroh berhasil menjadi juara pertama,” ucapnya.

Yinizar menjelaskan, pada babak final Tim Revolusi A berhasil mengalahkan Tim Ekstrogama dari SMK Gajah Mada Bandar Lampung. Sementara Tim Revolusi B, yang juga berhasil masuk semifinal, atas nama Achmad Nasrulloh dan Ika Selviana berhasil meraih juara keempat. Kedua tim ini bisa lolos ke babak final setelah mengalahkan 14 tim lainnya pada kompetisi yang bertema Advanced Robotics for Industrial Revolution 4.0.

Menurutnya, keberhasilan ini membuktikan bahwa siswa madrasah mampu unggul bukan hanya pada bidang agama. “Siswa madrasah juga mampu unggul dan berprestasi pada berbagai disiplin bidang ilmu di antaranya bidang teknologi,” ungkapnya.

Kontestasi robot ini terbagi dalam tiga kategori, yakni Pesawat Glider, Robot Line Follower (Race and Transporter) dan Roket Air. Kompetesi diikuti oleh 172 siswa dari 51 tim dari berbagai SMA/SMK di Indonesia. Diantaranya, dari Madrasah Aliyah (MA) KMM Padang Panjang dan SMAI Nurul Fikri Boarding School Serang. (aw/kemenag).

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*