Foto: Naim/Facebook

Foto: Naim/Facebook

Jakarta, LiputanIslam.com – Sidrotun Naim boleh berbahagia karena dia dinobatkan oleh Kerajaan Spanyol sebagai penerima penghargaan Prince(ss) of Astuarias yang merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga dunia untuk bidang yang berbeda.

Seperti laporan dari kompas.com, Sidrotun Naim kini dapat “disejajarkan” dengan Bill Gates, Iker Casillas, dan Xavi Hernandez karena nama-mana tersebut juga merupakan beberapa orang yang pernah mendapatkan penghargaan serupa dari  Kerajaan Spanyol. Naim merupakan Warga negara Indonesia terpilih yang menjadi penerima Prince of Asturias Award 2014, untuk kategori kerja sama internasional, mewakili para program beasiswa Fulbright dari seluruh dunia.

Penghargaan tersebut merupakan penghargaan yang kedua bagi Naim setelah sebelumnya mendapatkan penghargaan Internasional dari Prancis. “Ada perasaan yang tidak bisa dituliskan bagaimana Merah Putih berkibar bukan di Indonesia, bukan di Kedutaan, tetapi di tempat umum di luar negeri dan dalam rangka sebuah penghargaan” ujar wanita berjilbab ini.

Prestasi Naim tidak bisa dipandang sebelah mata. Prestasinya bahkan hingga mampu memecahkan rekor sejarah di Universitas Arizona, tempat dia merampungkan sekaligus tiga program pascasarjana dalam tiga tahun.

Naim tercatat sebagai alumnus jurusan Biologi dari ITB Bandung. Sebelum mendapatkan gelar master di Amerika Serikat, Naim juga sudah mendapatkan gelar master dari University of Queensland, Australia. Sederet prestasi telah diukir oleh Naim dalam bidang akademik.

Desertasi doktoral Naim membahas masalah penyakit udang dan pencegahannya. Tercatat ia juga melanjutkan riset di program pascadoktoral di Harvard Medical School, berhubungan dengan virus udang yang telah menyebabkan kerugian besar bagi petani udang di Indonesia.

Seperti ditulis oleh AMINEF/Fulbrigt Indonesia “(Dengan segala kiprahnya itu), Naim adalah ibu hebat bagi dua anaknya, guru yang inspiratif bagi murid-muridnya, sekaligus ilmuwan perikanan yang bekerja langsung bersama dengan para petambak.” (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL