ahok-di-sidangJakarta, LiputanIslam.com–Sidang perkara penistaan agama dengan terdakwa gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hari ini (3/01/2017) dilanjutkan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan.

Humas Pengadilan Negeri Jakarta Utara Didik Wuryanto mengatakan pemeriksaan saksi dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam sidang hari ini bisa berlangsung sampai malam hari.

“Saksi kan dari JPU, berapa pun jumlahnya, tergantung pihak Kejaksaan Agung. Bisa jadi sampai malam, semoga tidak seperti sidang Jessica Kumala Wongso. Kalau itu terlalu melelahkan ya karena sampai jam 24.00,” kata Didik saat dikonfirmasi, Selasa.

Sementara anggota kuasa hukum Ahok, Trimoelja D Soerjadi, mengatakan lama atau tidaknya sidang keempat hari ini akan bergantung pada jalannya pemeriksaan.

“Itu sulit diprediksi. Biasanya melihat perkembangan di persidangan, tergantung juga nanti diperdalam atau tidak (keterangan saksi dari JPU), bisa lama bisa sebentar,” ucap Trimoelja.

Dia mengatakan bahwa kalau sidang berlangsung sampai malam hari maka kliennya tidak akan bisa melakukan kegiatan kampanye untuk Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 hari ini.

Jelang waktu sidang, massa pendukung dari dua belah pihak yang berperkara di sidang telah berkumpul di depan gedung auditorium.

Pukul 5.45 WIB, dua massa yang terdiri kelompok pro-Ahok dan massa yang berasal dari GNPF MUI telah datang. Massa pro-Ahok terlihat mengenakan baju kotak-kotak. Sementara massa GNPF MUI banyak yang mengenakan baju berwarna putih.

Massa pro-Ahok berada di sebelah kiri gedung dan massa GNPF berada di sebelah kanan. Kedua massa ini dipisahkan kendaraan barracuda dan kendaraan kepolisian. Pemisahan ini dilakukan agar kedua kelompok tidak bertemu. (ra/antara/detik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL