LiputanIslam.com

Bali, LiputanIslam.com-Sajian khas pulau Dewata ini memang sungguh menggoda. Dengan bumbu rempah khas Indonesia, sambal Ayam Betutu ini tak kalah dengan sambal Nasi Padang. Cukup setengah sendok teh saja, rasa sambal yang di sajikan sudah cukup mengguncang perut bahkan bisa menambah selera makan. Jangan coba-coba untuk menantang lambung jika anda memiliki penyakit maag atau dilahap saat asam lambung sedang tinggi.

Sajian khas Gilimanuk, Bali ini ternyata memiliki proses pengolohan yang tidak sederhana. Ayam direbus terlebih dahulu kemudian bisa di panggang, di bakar atau digoreng tergantung selera. Khas bumbu pedasnya yang menggoda lidah juga rempah kunyit yang memiliki banyak khasiat, berapa diantaranya adalah dapat menghilangkan capek dan pegal, anti radang, juga biasanya dijadikan sebagai herbal penambah nafsu makan yang digunakan oleh orang tua zaman dahulu untuk anak-anaknya memiliki nafsu makan yang rendah.

Ayam Betutu memiliki dua jenis sambal ketika disajikan, satu sambal biasa dan yang kedua yang khas adalah sambal perpaduan irisan cabe rawit dan cabe merah ditambah dengan irisan bawang merah. Satu lagi yang menjadi ke khasan Ayam Betutu adalah kacang gorengnya yang harus ditaburkan sebelum sajian Ayam Betutu dinikmati. Biasanya Ayam Betutu disajikan dengan rebusan kangkung muda.

Cara menikmatinya adalah akan lebih nikmat jika disajikan dengan minuman dingin untuk menetralisir rasa pedas. Semakin banyak sambal biasanya akan semakin banyak nasi yang dibutuhkan demi membantu menetralisir rasa pedasnya juga yang tak tertahankan.

Satu porsi ayam betutu yang memberikan rasa pedas dan gurih karena menggunakan ayam kampung itu rata-rata di bandrol sekitar antara dua puluh empat ribu rupiah sampai dengan tiga puluh ribu rupiah. Biasanya sepanjang jalan Gilimanuk atau selepas pelabuhan Gilimanuk sudah banyak rumah makan yang menyajikan ayam betutu sebagai sajian istimewanya. Namun yang perlu diingat, agar lebih selektif memilih rumah makan demi menjaga kebersihan dan kehalalannya. Jika ingin lebih terjamin maka tidak ada salahnya mengolahnya sendiri dirumah. (fie)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL